Ayam yang sudah di ungkep bisa jadi alternatif praktis saat buka puasa dan sahur. Buat sendiri ayam ungkep dengan langkah mudah.

ayam ungkep

Ayam menjadi sumber protein yang sangat mudah diolah dengan harga yang relatif terjangkau. Karenanya ayam menjadi lauk favorit yang banyak orang sajikan. Anda bisa siapkan ayam ungkep yang siap disajikan setiap saat pada bulan puasa.

Berikut ini adalah tahapan mudah yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membuat ayam ungkep bumbu kuning lezat.

  1. Potongan ayam

Anda bisa memakai ayam negeri atau ayam kampung atau ayam jantan untuk menyiapkan ayam ungkep yang siap saji. Potong menjadi 4 bagian atau 8 bagian atau 12 bagian, sesuai selera. Jika mau, bisa juga dimasak ati, ampela, usus, dan kepala ayam.

ayam ungkep

Jika anda ingin ayam yang bertekstur empuk, berlemak bisa menggunakan ayam negeri. Dan jika suka ayam yang berteksture lebih kering tak terlalu berminyak, bisa menggunakan ayam jantan atau ayam kampung.

  1. Bumbu

Untuk 2 ayam, dipotong 4, 8, atau 12 bagian bisa disiapkan bahan bumbunya. Terdiri dari 7 butir kemiri, 12 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 4 kunyit, 2 jahe, 1 lengkuas, 1/2 sendok takar merica, 1 sendok takar garam, 10 gr gula merah, 1 batang helai serai, dan 2 helai daun salam.

Haluskan bumbu kecuali lengkuas, daun salam dan serao. Jika dihaluskan dengan blender, anda harus menambahkan sedikit air atau minyak sayur hingga bumbu halus.

  1. Ungkep

Taruh potongan ayam yang sudah siap juga jeroan ayam yang sudah di bersihkan ke dalam panci atau wajan. Tambahkan bumbu yang sudah di olah halus dan air secukupnya (hingga ayam terndam merata). Kemudian masak dengan api sedang hingga bumbu meresap dan air habis teresap ke dalam bagian bagian ayam. Jika memakai ayam negeri, kurangi air rebusan karena ayam negeri akan mengeluarkan banyak air dan lemak. Sebaliknya jika memakai ayam kampung, bisa ditambahkan air rebusan lebih banyak air karena perlu waktu memasak lebih lama hingga ayam lunak.

  1. Simpan

Dinginkan ayam berbumbu kuning lalu taruh ayam dalam wadah dan simpan di lemari pendingin. Jika ingin disimpan lebih lama, taruh dalam freezer. dan saat akan di masak, keluarkan beberapa jam di suhu ruangan hingga ayam sudah tidak membeku

  1. Menyajikan

Saat akan digoreng, panaskan minyak sedikit agak banyak di atas panci sedang. Goreng ayam hingga warnanya kuning keemasan. Karena ayam sudah matang melalui proses ungkep maka proses penggorengan hanya untuk membuat bagian luar dan dalam ayam kering matang. Sajikan ayam goreng dengan sambal dan lalapan segar atau sayur berkuah. Cocok untuk menu berbuka atau sahur.

Written by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *