Beginilah Pengertian Dan Cara Kerja Satelit.

cara kerja satelit – Bertindak sebagai mata di langit dan sebagai cermin kosmik yang memantulkan panggilan telepon dari Bumi adalah dua fungsi utama satelit bagi kehidupan manusia. Ribuan satelit yang dirancang dengan hati-hati terbang melintasi langit Bumi, tidak terlihat dengan mata telanjang.

Jauh dari pandangan dan pikiran sahabat seringkali bisa diremehkan oleh manusia. Faktanya, satelit memainkan peran penting dalam segala hal mulai dari siaran televisi hingga panggilan telepon lintas benua, prakiraan cuaca, dan Internet.

Pengertian Satelit

Satelit adalah bulan, planet, atau mesin yang mengorbit planet atau bintang. Misalnya, Bumi adalah satelit karena berputar mengelilingi Matahari. Demikian pula, Bulan adalah satelit karena berputar mengelilingi Bumi. Biasanya, kata “satelit” berarti perangkat yang diluncurkan ke luar angkasa dan bergerak mengelilingi Bumi atau objek lain di luar angkasa.

Istilah Satelit

cara kerja satelit

Satelit adalah benda apapun yang bergerak dalam lintasan melengkung di sekitar planet. Bulan adalah satelit alami asli Bumi, dan ada juga banyak satelit buatan yang biasanya mengorbit lebih dekat ke Bumi. Jalur yang diikuti oleh satelit adalah orbit, yang terkadang melingkar. Untuk memahami mengapa satelit bergerak dalam lingkaran, Anda harus terlebih dahulu memahami prinsip gaya Newton. Newton berasumsi bahwa gaya gravitasi ada antara dua benda di alam semesta. Jika bukan karena gaya ini, satelit yang bergerak di dekat planet akan terus bergerak dengan kecepatan dan arah yang sama dalam garis lurus.

Namun, jalur bujursangkar satelit dikompensasi oleh gaya tarik gravitasi yang kuat yang diarahkan ke pusat planet. Terkadang orbit satelit terlihat seperti elips, lingkaran terkompresi yang bergerak di sekitar dua titik yang dikenal sebagai fokus. Hukum gerak yang paling dasar berlaku, kecuali bahwa planet ini terletak di salah satu fokus. Akibatnya, gaya yang dihasilkan yang diterapkan pada satelit tidak sama di seluruh orbit dan kecepatan satelit terus berubah. Ia bergerak paling cepat ketika paling dekat dengan planet pada titik yang dikenal sebagai perigee, dan paling lambat ketika lebih jauh dari planet pada titik yang dikenal sebagai apogee.

Cara Kerja Satelit

Satelit yang mengorbit Bumi akan dikendalikan oleh stasiun kendali utama di Bumi. Kontrol satelit dilakukan puluhan ribu kilometer dari permukaan tanah menggunakan sistem otomatis dan didasarkan pada dua sistem kontrol, yaitu satelit stabilisasi spin dan stabilisasi bodi tiga sumbu.

Satelit gyro-stabilized adalah cara untuk mengontrol satelit dengan menggerakkan badan satelit dengan memutarnya ke posisi yang diinginkan. Menurut teori, satelit akan tetap di tempatnya, tetapi pada kenyataannya akan bergeser dari orbitnya yang sebenarnya.

Three Axiz Body Stabilized yaitu, cara mengontrol posisi satelit berdasarkan sumbu koordinat X, Y, dan Z. Dengan menggunakan ketiga sumbu tersebut, maka akan ditampilkan dalam posisi pitch, roll, dan yaw. Satelit bekerja dengan dua cara, yaitu uplink dan downlink. Uplink adalah transmisi dari bumi ke satelit, dan downlink adalah transmisi dari satelit ke bumi. Secara umum komunikasi satelit dan cara kerja satelit berperan sebagai repeater di angkasa, satelit juga menggunakan transponder yaitu perangkat yang menyediakan komunikasi dua arah. Komunikasi satelit sering menggunakan banyak transponder, hal yang paling penting untuk jaringan komunikasi satelit adalah antena satelit, karena antena berfungsi sebagai penerima transmisi di setiap area, dapat dibayangkan jika antena tidak dipasang atau dilupakan, akan sulit untuk mendapatkan informasi.

Jenis-Jenis Satelit

Satelit datang dalam berbagai jenis dan ukuran. Sahabat juga memainkan peran yang berbeda. Di bawah ini adalah beberapa jenis satelit dan Fungsinya:

  1. Satelit cuaca membantu ahli meteorologi memprediksi cuaca atau melihat apa yang terjadi sekarang. Contohnya adalah Satelit Pengamatan Lingkungan Geostasioner (GOES). Satelit ini biasanya berisi kamera yang dapat mengirimkan gambar cuaca bumi baik dari posisi geostasioner tetap atau dari orbit kutub.
  2. Satelit komunikasi memungkinkan transmisi panggilan telepon dan data melalui satelit. Satelit komunikasi umum termasuk Telstar dan Intelsat. Fitur terpenting dari satelit komunikasi adalah repeater, atau radio, yang menerima percakapan pada satu frekuensi dan kemudian memperkuatnya dan mengirimkannya kembali ke Bumi pada frekuensi lain. Sebuah satelit biasanya berisi ratusan atau ribuan transponder. Satelit komunikasi biasanya geosynchronous.
  3. Satelit siaran mengirimkan sinyal televisi dari satu titik ke titik lain (dengan analogi dengan satelit komunikasi).
  4. Satelit ilmiah, seperti Teleskop Luar Angkasa Hubble, melakukan berbagai misi ilmiah. Mereka melihat segala sesuatu mulai dari bintik matahari hingga sinar gamma.
  5. Satelit navigasi membantu kapal dan pesawat bernavigasi. Satelit GPS yang paling terkenal adalah NAVSTAR.
  6. Satelit penyelamat merespons sinyal bahaya radio.
  7. Satelit observasi bumi memeriksa planet untuk perubahan dalam segala hal mulai dari suhu hingga tanaman hijau dan lapisan es. Yang paling terkenal adalah seri Landsat.
  8. Ada juga satelit militer, tetapi sebagian besar informasinya dirahasiakan. Aplikasi mungkin termasuk menyampaikan pesan terenkripsi, pemantauan nuklir, pengawasan gerakan musuh, peringatan dini peluncuran rudal, mendengarkan saluran radio terestrial, pencitraan radar, dan fotografi (menggunakan teleskop besar yang mengambil gambar area kepentingan militer).

Demikianlah Pembahasan tentang pengertian dan cara kerja satelit , semoga dapat dipahami untuk anda semua. Terimakasih yang sudah baca artikel salam hangat!

Baca Juga: Jadwal PUBG Mobile Pro league (PMPL ID FALL 2022)

 

 

×
Order Warungku
Cart
  • No products in the cart.