Materi Bulutangkis: Pengertian Dan Teknik Dasar.

materi bulutangkis – Bulu tangkis atau badminton termasuk olahraga yang memiliki banyak peminat. Di Indonesia, olahraga ini sangat populer dan para atletnya sering mencetak prestasi membanggakan di pertandingan internasional. Anda pun bisa seperti para atlet tersebut yang dapat mengharumkan nama Indonesia. Namun tentu harus dimulai dari niat dan semangat tinggi untuk terus berlatih dan berusaha. berikut pembahasan materi bulutangkis.

Pengertian Bulu tangkis

Bulutangkis adalah permainan raket yang dimainkan oleh dua orang (tunggal) atau dua pasang (ganda) satu sama lain. Olahraga ini hampir seperti tenis.

Secara harfiah bulu tangkis berasal dari dua kata yaitu bulu tangkis dan bulu tangkis. Kata bulu berasal dari bentuk atau bentuk embel-embel yang terbuat dari bulu angsa. Sedangkan “tangkis” diambil dari akar kata to menangkis. Inti dari permainan bulu tangkis adalah menghadang gerakan shuttlecock (bulu).

Ada perbedaan pendapat mengenai asal usul bulutangkis. Pikiran pertama adalah bahwa game ini berasal dan dikembangkan di Mesir Kuno 2.000 tahun yang lalu. Yang lain percaya bahwa game ini hadir di India dan Cina daratan. Perkembangan arti luas dalam bulutangkis ini terjadi pada abad pertengahan di Inggris, yaitu karena pentingnya permainan anak-anak yang disebut “Battledore and shuttlecocks”.

Permainan tradisional ini sangat populer di kalangan masyarakat hingga akhirnya sebuah majalah bernama Punch menerbitkan permainan ini.

Tujuan bulu tangkis adalah untuk mencetak poin hingga 21. Pemain yang mencetak poin atau angka hingga 21 adalah pemenangnya. Pemain bulu tangkis dibagi menjadi tunggal dan ganda. Baik anak laki-laki maupun perempuan dapat bermain di pesta tersebut. Selain itu, permainan ganda juga dapat dimainkan di ganda campuran.

Aturan main bulu tangkis harus mengikuti aturan IBF. Kebijakan ini tidak hanya berlaku untuk perangkat keras dan peralatan yang digunakan, tetapi juga untuk pihak yang berkepentingan.

Teknik Dasar Bulu Tangkis

1. Cara Memegang Raket (Grip)

Cara Memegang Raket Bulu Tangkis Beserta Penjelasannya | kumparan.com

Teknik yang paling penting dalam bulutangkis adalah cara memegang raket atau grip.
Cara Anda memegang raket adalah faktor utama yang paling mempengaruhi kualitas pukulan. Seorang pemula yang baru belajar bermain bulu tangkis harus terlebih dahulu benar-benar menguasai teknik dasar tersebut agar dapat melanjutkan ke teknik dasar permainan bulutangkis selanjutnya. Jenis grip atau pegangan raket dalam bulutangkis dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Pegangan forehand
  • Pegangan backhand

2. Posisi Badan atau Sikap Berdiri (stance)

Cara Melakukan Servis Bulu Tangkis yang Benar Halaman all - Kompas.com

Sikap berdiri dalam olahraga ini membutuhkan keseimbangan. Dalam hal ini, pemain tidak hanya berdiri tetapi juga harus dalam posisi siap bermain.
Sikap berdiri dalam bulu tangkis:

Badan bertumpu pada kedua kaki,
Kedua kaki dibuka selebar bahu dan agak ditekuk. Bisa juga salah satu kaki ke depan dan yang lainnya sedikit ke belakang, dan
Tangan agak diangkat dan ditekuk sehingga raket sejajar dengan dada atau kepala.

3. Kerja Kaki (footwork)

Teknik Penggunaan Footwork yang Benar dalam Bulu Tangkis | kumparan.com

Baca Juga: Website Dinamis Adalah? Berikut Penjelasannya.

Bulutangkis membutuhkan kelincahan dan kecepatan gerak dari pemainnya, sehingga gerak kaki atau footwork memegang peranan yang sangat penting dalam permainan. Kaki berfungsi sebagai posisi tubuh, tetapi menjadi pusat, bahkan pusat keseimbangan tubuh.

4. Pukulan (Strokes)

Servis

Pukulan servis adalah pukulan raket yang melempar shuttlecock secara diagonal melintasi lapangan dan juga ditujukan pada awal permainan dan merupakan pukulan penting dalam bulu tangkis. Teknik pukulan dapat dilakukan dalam beberapa jenis, yaitu: servis pendek, servis panjang, servis mengemudi dan servis menyentak.

Lob

Pukulan lob merupakan pukulan dalam permainan bulu tangkis yang dilakukan dengan tujuan melempar shuttlecock setinggi mungkin ke belakang garis lapangan. Kegunaan utama dari umpan silang adalah untuk mengambil bola dari lawan dan membuatnya bergerak cepat.Mengarahkan bola ke belakang lawan atau memaksanya bergerak lebih cepat dari yang dia inginkan, dia akan kehilangan waktu dan lebih cepat lelah.

Drive

Pukulan Drive adalah pukulan yang dilakukan dengan shuttlecock dalam penerbangan horizontal, tingginya sepanjang net, dan penerbangan harus sejajar dengan lantai. Tembakan mengemudi ini biasanya digunakan untuk dapat dengan cepat menyerang atau mengembalikan bola lurus atau melintasi sisi yang berlawanan ke area lawan, baik ke kanan maupun ke kiri.

Netting

Seperti namanya, ini adalah jenis pukulan yang bertujuan untuk memukul shuttlecock langsung ke net setelah melewatinya. Tembakan net ini cukup sulit dilakukan karena membutuhkan akurasi yang tinggi. Jika berhasil, akan sulit bagi tim lawan untuk melakukan serangan balik.

Dropshot

Pukulan dropshot merupakan salah satu dari pukulan yang lambat atau pelan yang jatuh tepat di muka jaring, di lapangan muka lawan anda dan juga sebaiknya di depan garis serve pendek. Pukulan ini dapat memaksa lawan untuk dapat bergerak ke depan, sehingga lapangan belakang kosong. Hal ini akan memberikan sebuah kesempatan bagi pemain untuk mematikan lawan.

Smash

Smash adalah jenis serangan yang bertujuan untuk menyerang dan menghancurkan gerakan lawan. Pukulan itu sendiri sangat kuat dan menukik ke bawah. Untuk melakukan tembakan, pemain harus memukul setir dengan sekuat tenaga. Tujuannya adalah untuk melakukan ini dengan cepat, dan musuh tidak punya waktu untuk melakukan serangan balik. Tendangan juga biasanya dilakukan dengan lompatan untuk melakukan serangan yang cepat dan kuat, dan arahnya adalah menukik tajam ke bawah lapangan.

Itulah Pembahasan singkat materi bulutangkis. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya dan mudah dipahami, Terimakasih yang sudah baca artikel ini.

 

×
Order Warungku

You were not leaving your cart just like that, right?

Enter your details below to save your shopping cart for later. And, who knows, maybe we will even send you a sweet discount code :)