Mengapa kredit iklim untuk geoengineering surya adalah ide yang buruk – Warungku Teknologi

Hati-hati pembeli: jenis pinjaman iklim baru yang meragukan sedang diobral.

Kredit kompensasi karbon tradisional, katakanlah untuk menanam pohon atau melindungi hutan, telah gagal untuk benar-benar mengurangi emisi gas rumah kaca. Startup ini sekarang menjual kredit untuk usahanya memanipulasi kemampuan planet untuk memantulkan sinar matahari, tanggapan kontroversial terhadap perubahan iklim yang disebut solar geoengineering.

Sekelompok ilmuwan terkemuka menerbitkan surat peringatan kemarin bahwa intervensi iklim semacam itu belum siap untuk penggunaan komersial dan mungkin tidak seharusnya. Nama besar dalam surat itu adalah James Hansen, mantan ilmuwan NASA sekarang di Universitas Columbia yang dikenal membunyikan alarm tentang perubahan iklim dalam pidato tahun 1988 di depan Kongres.

Intervensi iklim semacam itu masih jauh dari siap untuk penggunaan komersial, dan mungkin seharusnya tidak pernah dilakukan

Surat tersebut menganjurkan untuk penelitian lebih lanjut tentang kemungkinan efek geoengineering surya, yang dapat meminimalkan beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh perubahan iklim, atau mungkin menciptakan masalah baru. Mengingat ketidakpastian ini, para ilmuwan telah menghindari untuk benar-benar mendukung geoengineering surya sebagai taktik untuk memerangi perubahan iklim. Mereka tidak berpikir itu harus dilaksanakan tanpa “penilaian internasional yang komprehensif” konsekuensi potensial dan “keputusan internasional” tentang bagaimana menggunakan teknologi tersebut.

Pengumuman tersebut muncul setelah startup geoengineering surya Make Sunsets berusaha melepaskan partikel reflektif ke atmosfer dari Reno, Nevada, bulan ini dan Baja California, Meksiko, tahun lalu. Idenya adalah meniru cara puing-puing dari letusan gunung berapi memantulkan radiasi matahari yang mendinginkan planet ini untuk sementara waktu di masa lalu. Ini benar-benar terlihat seperti sepasang co-founder yang menyalakan fungisida di atas panggangan, menggunakan gas yang dihasilkan untuk mengisi balon cuaca dengan partikel sulfur dioksida reflektif, dan kemudian melepaskan balon tersebut.

Make Sunsets menjual “kredit pendingin” seharga $10 per gram sulfur dioksida. Setiap gram harus mengimbangi “efek pemanasan 1 ton karbon dioksida selama 1 tahun.” Tetapi perusahaan tidak memiliki dampak terukur terhadap iklim. Pertama, ia mengeluarkan terlalu sedikit sulfur dioksida untuk mempengaruhi milyaran ton polusi yang dihasilkan setiap tahunnya dengan membakar bahan bakar fosil. Dan Make Sunsets belum dapat mengumpulkan data ketinggian tertentu pada lima balon yang diluncurkan sejauh ini, jadi tidak diketahui apakah partikel reflektif yang dilepaskan mencapai stratosfer, tempat mereka seharusnya melakukan tugasnya.

Peluncuran balon Make Sunsets kebanyakan membuat marah orang-orang yang benar-benar ingin melihat penelitian geoengineering yang lebih sah. “Tidak ada tempat untuk menjual minyak ular,” kata siaran pers 13 Februari dari SilverLining, sebuah organisasi nirlaba yang mendukung penelitian geoengineering. “SilverLining mengecam keras emisi ilegal Make Sunsets ke atmosfer dan upayanya untuk menjual ‘kredit pendingin’ palsu.

“Tidak ada tempat untuk menjual minyak ular.”

Meksiko mengatakan akan melarang percobaan geoengineering bertenaga surya setelah peluncuran balon Make Sunsets di sana. Menurut Sekretariat Lingkungan dan Sumber Daya Alam Meksiko, langkah tersebut ditujukan untuk melindungi masyarakat sekitar dan lingkungan. Pelepasan sulfur dioksida dalam jumlah besar dapat menyebabkan hujan asam, mengiritasi paru-paru manusia, dan bahkan memperburuk lubang ozon Antartika. Masih terlalu banyak hal yang tidak diketahui dalam hal kemungkinan efek samping.

Bahkan jika para ilmuwan lebih memahami dampak geoengineering surya dan memutuskan manfaatnya lebih besar daripada risikonya, masih terlalu berisiko untuk menghasilkan uang. “Kemungkinan besar, itu tidak akan pernah menjadi kandidat yang cocok untuk sistem kredit pasar terbuka dan pelaku independen,” kata surat yang dirilis kemarin, karena “tidak mengatasi penyebab perubahan iklim.”

Tidak diragukan lagi, perubahan iklim disebabkan oleh polusi gas rumah kaca dari semua pembangkit listrik, pabrik, dan kendaraan berbahan bakar fosil kita. Ketidakmampuan manusia untuk mengurangi polusi inilah yang membawa kita pada teka-teki yang membuat beberapa ilmuwan mempertimbangkan langkah drastis seperti geoengineering. Kredit karbon, baik dari geoengineering surya atau skema penanaman pohon yang lebih tradisional, tidak melakukan apa pun untuk mencegah polusi ini.

Tentu saja, pohon dapat menyerap dan menyimpan karbon dioksida yang menghangatkan planet ini. Tetapi ketika mereka mati, terbakar, atau ditebang, mereka melepaskannya lagi. Ini bukan perbaikan terakhir. Bukan jenis solar geoengineering yang Make Sunsets coba. Belerang dioksida tidak bertahan lama di atmosfer, jadi kredit $ 10 startup seharusnya hanya mewakili satu tahun pendinginan.

Jadi jika Anda ingin memberi dampak dengan cara ini, Anda harus mengembangkan kebiasaan. Jika pernah efektif dalam skala besar, intervensi iklim seperti itu menjadi adiktif. Segera setelah Anda berhenti menyuntikkan partikel reflektif ke atmosfer, dunia akan mulai memanas lagi – dengan cepat. Bahkan letusan gunung berapi yang melepaskan cukup sulfur dioksida untuk mempengaruhi suhu global memiliki dampak jangka pendek. Letusan Gunung Pinatuba pada tahun 1991 mendinginkan permukaan bumi selama kurang lebih dua tahun.

Dunia sudah mencoba menghentikan kebiasaan menggunakan bahan bakar fosil. Kredit juga bisa membuat ketagihan. Dan jika kita tidak hati-hati, kita bisa menyia-nyiakan sedikit waktu yang tersisa untuk mengambil tindakan nyata terhadap krisis iklim sebelum menjadi lebih buruk.

“Saya sepenuh hati setuju dengan sebagian besar surat ini: penelitian lebih lanjut sangat dibutuhkan,” kata pendiri Make Sunsets Luke Eiseman dalam email ke Tepian. “Bagi saya, pertanyaannya adalah apa yang kita lakukan dalam menghadapi ketidakpastian. Apakah kita mengambil tindakan yang kita tahu akan menyebabkan pendinginan dan dengan demikian menyelamatkan nyawa, atau apakah kita menunggu konsensus internasional yang mungkin tidak akan pernah datang?”

Tidak ada bukti yang mendukung klaim Eisman bahwa geoengineering menyelamatkan nyawa. Tapi ada banyak bukti bahwa transisi energi bersih bisa.

Info Teknologi Terbaru


laptop asus terbaru, laptop hp terbaru, laptop lenovo terbaru, laptop acer terbaru, laptop asus terbaru 2021, laptop terbaru 2021, harga laptop terbaru, laptop terbaru 2022, laptop terbaru, laptop samsung terbaru, laptop dell terbaru, asus laptop terbaru, laptop lenovo terbaru 2021, harga laptop hp terbaru, harga laptop asus terbaru, laptop toshiba terbaru, harga laptop terbaru 2021, harga laptop lenovo terbaru, laptop xiaomi terbaru, laptop hp terbaru 2021, laptop asus terbaru 2022, harga laptop acer terbaru, laptop lenovo terbaru 3 jutaan, harga laptop asus terbaru 2021, laptop terbaru 2021 dan harganya, laptop samsung terbaru 2021, lenovo laptop terbaru, laptop asus terbaru 2021 harga 5 jutaan, laptop apple terbaru, laptop acer terbaru 2021 dan harganya, laptop asus terbaru warna pink, laptop rog terbaru, laptop asus terbaru 2021 dan harganya, laptop terbaru 2022 dan harganya, laptop dell terbaru 2021, harga laptop terbaru 2022 dan spesifikasinya, laptop hp terbaru 2022, laptop keluaran terbaru, harga laptop lenovo terbaru 2021, laptop hp terbaru 2021 dan harganya, asus terbaru laptop, laptop acer terbaru 2021, laptop asus terbaru 2020 harga 5 jutaan, laptop hp terbaru tipis, harga laptop dell terbaru 2021, harga laptop acer terbaru 2021, laptop zyrex terbaru, laptop asus terbaru 2020, lenovo terbaru laptop, laptop keluaran terbaru 2021

×
Order Warungku

You were not leaving your cart just like that, right?

Enter your details below to save your shopping cart for later. And, who knows, maybe we will even send you a sweet discount code :)