Pengertian Dampak Tanah Longsor,Ciri-Ciri,Jenis Tanah Longsor.

Disini kita akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “Dampak Tanah Longsor“. Berikut dibawah ini penjelasannya:

dampak tanah longsor

Pengertian Tanah Longsor

Tanah longsor adalah suatu peristiwa geologi yang berlangsung dampak dari pergerakan massa batuan atau tanah. Atau dapat juga diartikan dengan kejadian perpindahan material dari lokasi yang tinggi ke lokasi yang lebih rendah.

Ciri-Ciri Tanah Longsor

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri tanah longsor, antara lain:

  • Munculnya retakan-retakan di lereng yang sejajar dengan arah tebing. Biasanya setelah hujan.
  • Munculnya mata air baru secara tiba-tiba.
  • Tebing rapuh dan kerikil mulai berjatuhan.
  • Jika musim hujan biasanya air tergenang, menjelang bencana itu, airnya langsung hilang.
  • Runtuhnya bagian tanah dalam jumlah besar.
  • Pohon atau tiang listrik banyak yang miring.
  • Halaman atau dalam rumah tiba-tiba ambles.

Jenis Tanah Longsor

Pengertian Tanah Longsor - Jenis, Faktor Penyebab, dan Pencegahan

Longsoran Translasi

Longsoran translasi merupakan longsor yang terjadi karena adanya pergerakan massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk rata atau menggelombang landai. Jenis longsoran ini paling banyak terjadi di Indonesia.

Longsoran rotasi

Longsoran rotasi adalah pergerakan massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk cekung. Umumnya terjadi diwilayah perbukitan.

Pergerakan blok

Pergerakan blok merupakan jenis longsoran yang disebabkan oleh perpindahan batuan yang bergerak pada bidang gelincir berbentuk rata. Longsor ini juga biasa dikenal dengan longsor transalasi blok batu.

Runtuhan batu

Longsor jenis ini terjadi karena adanya sejumlah batu dan material batu yang jatuh kearah bawah dengan jumlah banyak, Umumnya terjadi pada lereng yang terjal terutama di daerah pantai.

Rayapan tanah

Rayapan tanah adalah jenis dampak tanah longsor yang bergerak lambat. Jenis tanahnya berupa butiran kasar dan halus. Setelah waktu yang cukup lama longsor jenis rayapan ini bisa menyebabkan tiang-tiang telepon, pohon, atau rumah miring ke bawah.

Aliran bahan rombakan

Longsor ini terjadi karera massa tanah bergerak didorong oleh air. Biasanya terjadi di sepanjang lembah dan mampu mencapai ratusan meter. Kecepatan longsoran ini dipengaruhi oleh kemiringan tanah itu sendiri.

Dampak Tanah Longsor

Berikut ini akibat dampak tanah Longsor yaitu sebagai berikut:

1. Menimbulkan Korban Jiwa

Umumnya tanah longsor terjadi saat curah hujan tinggi. Hal ini membuat warga lebih memilih untuk berkumpul dengan keluarganya dirumah. Bagi masyarakat yang tinggal disekitar tebing atau lereng mereka dalam kondisi terancam karena jika terjadi tanah longsor maka akan menimpa rumah mereka. Hal ini menyebabkan timbulnya korban atau korban luka.

2. Terjadinya Kerusakan Infrastruktur

Peristiwa tanah longsor ini menyebabkan terjadinya kerusakan infrastruktur. Longsor yang terjadi disekitaran akan menyebabkan jalan mengalami kerusakan karena bebannya bertambah. Begitu pula dengan longsor yang menimpa rumah-rumah warga, rumah tersebut akan mengalami kerusakan. Kerusakan-kerusakan infra struktur yang terjadi akan menyebabkan terganggunya aktivitas masyarakat.

3. Rusaknya Sumber Mata Pencarian Warga

Sebagian besar peristiwa longsor terjadi disekitar daerah pegunungan. Sehingga masyarakat pada daerah tersebut umumnya bermata pencarian sebagai petani. Longsor ini kadang menimpa lahan pertanian mereka. Sehingga mata pencarian mereka terganggu. Disamping itu kondisi infrastruktur yang rusak akibat longsor juga menjadi penyebab rusaknya mata pencarian masyarakat.

4. Bertambah Buruknya Sanitasi Lingkungan

Tanah longsor akan menimbulkan kerusakan sanitasi lingkungan. Sebagai akibatnya sanitasi lingkungan bertambah buruk. Tanah longsor ini menyebabkan saluran air bersih terputus. Sedangkan air maerupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Hal ini mambuat sanitasi lingkungan menjadi sangat buruk.

5. Munculnya Berbagai Jenis Penyakit

Seperti halnya bencana alam lain yang terjadi, tanah longsor juga dapat mengakibatkan merebaknya bibit penyakit. Tanah longsor ini merusak pemukiman warga sehin gga warga harus mengungsi ketempat pengungsian. Hal yang sering terjadi adalah penyakit muncul ditempat pengungsian. Munculnya penyakit ini juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan pengungsian.

Mengenal Tanah Longsor, Jenis-Jenis dan Penyebabnya

Dampak Positif Tanah Longsor

Namun, dibalik beberapa dampak tanah longsor segi negatif dari bencana ini, sebenarnya tidak luput pula dari dampak positif yang membuahkan kesadaran bagi masyarakat sekitarnya. Berikut beberapa contoh dampak positif dari adanya bencana tersebut :

  • Tanah longsor menumbuhkan motivasi kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana longsor susulan ataupun bencana yang lain.
  • Meningkatkan rasa peduli terhadap korban bencana dan kepedulian terhadap sesama dan lingkungan.
  • Meningkatkan kesadaran diri supaya tidak melakukan penebangan hutan, memperluas lahan ataupun pemanfaatan hutan yang merugikan.
  • Motivasi dan penelitian oleh ahli geologi tentang penyebab tanah longsor.
  • Sadar akan pentingnya peran manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan hidup.
  • Melestarikan hutan untuk memaksimalkan potensi sumber daya alam hutan itu sendiri.
  • Sadar akan manfaat hutan lindung bagi keselamatan makhluk hidup di dunia ini.
  • Beberapa dampak negatif maupun positif tersebut semoga bisa menjadi pengetahuan bersama bagi kita. Menjaga lingkungan adalah salah satu cara mencegah terjadinya bencana alam, terutama tanah longsor. Serta masyarakat juga perlu mengetahui bagaimana cara melestarikan alam untuk menghambat terjadinya bencana alam.

Hal yang Dilakukan Sesudah Terjadinya Tanah Longsor

Berikut ini terdapat 3 hal yang dilakukan sesudah terjadinya dampak tanah longsor, antara lain:

1. Tangga Darurat

Yang harus dilakukan dalam tahap tangga darurat adalah penyelamatan dan pertolongan dampak tanah longsor secepatnya supaya korban tidak bertambah.

2. Rehabilitasi

Upaya pemulihan korban dan prasarananya, meliputi kondisi sosial, ekonomi, dan sarana transportasi. Selain itu dikaji juga perkembangan tanah longsor dan teknik pengendaliannay supaya tanah longsor tidak berkembang dan penentuan relokasi korban dampak tanah longsor bila tanah longsor sulit dikendalikan.

3. Rekontruksi

Penguatan bangunan-bangunan infrastruktur di daerah rawan longsor tidak menjadi pertimbangan utama untuk mitigasi kerusakan yang disebabkan oleh tanah longsor, karena kerentanan untuk bangunan-bangunan yang dibangun pada jalur tanah longsor.

Demikianlah Penjelasan Tentang Dampak Tanah longsor semoga menambah pengetahuan anda semua , terimakasih yang sudah baca ini.

Baca Juga: Tanah Mergel : Pengertian, Karakteristik, 3 Manfaat

 

×
Order Warungku
Cart
  • No products in the cart.