Pengertian Yoga: Tujuan,Jenis-Jenis Dan Manfaatnya.

Pengertian Yoga – tahu jika kegiatan yoga itu termasuk salah satu jenis olahraga? Ya, meskipun kegiatan ini jarang melakukan gerakan melompat maupun berlari, tetapi manfaat yang didapatkan setara dengan olahraga pada umumnya. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Yoga

Secara etimologis, kata “yoga” berasal dari bahasa Sansekerta kuno “yuj”, yang berarti penyatuan lebih kepada penyatuan diri dan Yang Mahakuasa, sehingga melalui ini manusia dapat lebih mengenal tubuh, pikiran, jiwa dan segala aspek yang ada pada dirinya serta dapat mendekatkan dirinya kepada Sang Pencipta. Singkatnya, yoga adalah jenis olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan tubuh melalui aktivitas fisik, latihan pernapasan, teknik relaksasi, dan latihan meditasi.

4 Kegiatan yang Membuat Akhir Pekan Anda Seru - Bisnis Liputan6.com

Meskipun gerakan ini disebut olahraga, itu tidak harus melibatkan lompatan atau lari, seperti pada kebanyakan olahraga atletik. Dalam olahraga ini, gerakannya lebih difokuskan pada pengendalian nafas, konsentrasi mental dan pengendalian diri.

Tujuan yoga adalah untuk memperluas kesadaran manusia sehingga dapat disamakan dengan kesadaran alam semesta. Ini harus dicapai dengan realisasi prinsip-prinsip spiritual dalam tubuh kita, ada prinsip fisik dan mental, dan ini sebenarnya adalah kepribadian kita sendiri yang sejati dan abadi.

Jenis-Jenis Yoga

1. Yoga Hatha

Jenis ini menjadi pilihan yang tepat untuk pemula karena gerakannya masih sederhana, mulai dari teknik dasar hingga teknik pernapasan. Hatha yoga juga lebih mementingkan kenyamanan koordinasi latihan fisik dan pernapasan, sehingga tidak terburu-buru di kelasnya. Gerakan-gerakan ini dipercaya dapat meningkatkan kelenturan tubuh dan mengurangi stres.

2. Bhakti Yoga

Bhakti yoga merupakan jenis yoga yang berfokus pada diri sendiri untuk mengendalikan hati. Jika seorang yogi berhasil dalam penerapannya, ia akan dapat melihat kekuatan orang lain dan bagaimana menghadapi berbagai hal. Keberhasilan ini juga membuat para yogi menjadi lebih penyayang dan menerima segala sesuatu yang ada di sekitarnya, karena mereka diajarkan untuk mencintai alam dan percaya kepada Tuhan.

3. Raja Yoga

Raja yoga adalah jenis yoga yang menekankan pada teknik meditasi dan kontemplasi. Yoga ini pada akhirnya akan menuntun Anda untuk menguasai diri sendiri sekaligus menghargai diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda.

4. Jnana Yoga

Jnana yoga adalah yoga yang percaya pada reinkarnasi. Di sini Anda akan dipaksa untuk tidak mementingkan diri sendiri, percaya bahwa perilaku Anda saat ini akan mempengaruhi kehidupan masa depan Anda.

5. Yoga Iyengar

Tipe ini dianggap sangat sistematis karena memperhatikan anatomi tubuh secara umum secara detail. Dalam prakteknya biasanya menggunakan alat bantu seperti selimut, tali, kursi atau bantal. Manfaat yang didapat dari jenis ini adalah peningkatan stabilitas, kekuatan dan kelenturan tubuh serta terapi kesehatan.

6. Yoga Bikram

Yoga Bikram cocok yang ingin membakar kalori dalam jumlah banyak. Dalam pelaksanaannya, jenis ini akan membutuhkan ruangan yang sengaja didesain cukup panas yakni dengan suhu sekitar 40,6°C dan kelembaban sekitar 40%, yang mana menyesuaikan dengan suhu serta kondisi iklim India. Dalam waktu 1 jam, Kalian harus melakukan 2 gerakan pernapasan disertai dengan 26 gerakan yang berurutan. Manfaat yang dapat diperoleh dari jenis ini adalah dapat membuang racun di dalam tubuh dalam bentuk keringat dan menjadikan tubuh lebih mudah lentur.

10 Gerakan Yoga Ini Dijamin Ampuh Mengecilkan Perut Buncitmu

Baca Juga: 5 Aplikasi Video Teks Yang Perlu Kamu Ketahui.

Manfaat Yoga

  • Meningkatkan kerja kelenjar endokrin (hormonal) dalam tubuh.
  • Meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh sel tubuh dan otak.
  • Pembentukan postur tubuh yang lebih kuat dan otot yang lebih fleksibel dan kuat.
  • Meningkatkan volume paru-paru saat bernafas.
  • Pengeluaran racun dari dalam tubuh (detoksifikasi).
  • Meremajakan sel-sel tubuh dan memperlambat penuaan.
  • Pemberi kesempatan untuk merasakan relaksasi yang mendalam
  • Peningkat kesadaran pada lingkungan
  • Peningkat rasa percaya diri dan kemampuan untuk berpikir positif.

Demikianlah telah dijelaskan tentang pengertian yoga, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih yang sudah baca artikel ini.

×
Order Warungku
Cart
  • No products in the cart.