Tanah Mergel : Pengertian, Karakteristik, 3 Manfaat

Pengertian Tanah Mergel

Kali ini kita akan membahasa tanah mergel – Dalam sesuatu peluang, mangulas menimpa satu berbagai bidang sangatlah berarti. Perihal ini sebab manusia memerlukan banyak sekali ilmu pengetahuan yang nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari- hari. Semacam pada peluang ini, kita hendak mangulas satu topik menimpa tanah mergel. Bagaimanapun pula memberikan pengetahuan menimpa tanah merupakan sangat berarti sebab tanah ialah elemen yang sangat dekat dengan kehidupan manusia sehari- hari.

Tanah mergel pula diketahui bagaikan tanah marbalit. Tanah mergel ataupun marbalit ialah tipe tanah yang tercipta oleh kombinasi batuan kapur pasir, serta pula tanah liat. Pembuatan dari tanah mergel ini sangatlah dipengaruhi oleh keberadaan curah hujan yang tidak menyeluruh di sejauh tahunnya. Keberadaan tanah mergel ataupun marbalit ini kerap kita temukan di daerah- wilayah pegunungan ataupun di dataran- dataran rendah.

tanah mergel

Karakteristik Tanah Mergel

Ada banyak sekali jenis tanah yang dapat kita temukan di Indonesia. Tanah- tanah ini mempunyai karakteristik tau ciri- cirinya masing- masing. Adapun perebadaan ciri atau karakteristik inilah yang akan menyebabkan terjadinya jenis- jenis tanah. Seperti jenis tanah pada umumnya, tanah mergel atau marbalit juga mempunyai beberapa karakteristik antara lain adalah sebagai berikut:

1. Terbentuk oleh campuran batuan kapur, pasir dan tanah liat

Ciri atau karakteristik pertama yang melekat pada jenis tanah mergel adalah terbentuk dari campuran batuan kapur, pasir dan tanah liat. Ketiga unsur ini berada dalam satu tempat dan melapuk bersama- sama yang pada akhirnya membentuk suatu tanah. Oleh karena terbentuk dari tiga unsur tanah yang berbeda, maka karakteristik tanah mergel ini juga mengadopsi dari ketiga unsur yang membentuknya.

2. Memiliki corak putih

Karakteristik ataupun ciri dari tanah mergel yang sangat gampang buat dikenal nampak dari keadaan raga merupakan memiliki corak putih. Corak putih yang dipunyai oleh tanah mergel ini mungkin diakibatkan sebab tanah ini tercipta oleh tanah kapur yang bercampur dengan pasir serta pula tanah liat. Tanah kapur yang mempunyai corak putih hendak mendominasi serta hendak menutupi corak kombinasi lain sehingga nampak memiliki corak putih.

3. Memiliki tingkatan kesuburan yang rendah

Tanah mergel ialah tanah yang memiliki tingkatan kesuburan yang rendah. Perihal ini pula jadi ciri yang menonjol dari tanah mergel ini. Sebab tanah yang produktif umumnya memiliki isi bahan organik ataupun faktor hara yang besar, semenatara perihal tersebut tidak dipunyai oleh tanah mergel. Oleh sebab tanah mergel tidak memiliki tingkatan kesuburan besar, hingga tanah ini tidak sesuai digunakan bagaikan lahan pertanian.

4. Pembentukannya dipengaruhi oleh hujan yang turun tidak merata sepanjang tahun

Bisa dikatakan bahwa ciri yang sangat menonjol dari tanah mergel adalah pembentukannya yang dipengaruhi oleh hujan yang turun secara tidak merata sepanjang tahunnya. Sebab sangat dipengaruhi oleh keberadaan hujan yang turun. Karena pembentukan tanah ini akibat dari adanya hujan.

Itulah beberapa karakteristik atau ciri- ciri yang dimiliki oleh tanah mergel.

Baca juga: Latar Belakang Ir Soekarno Dan 8 Peninggalannya Terlengkap

Pemanfaatan Tanah Mergel

Tanah bagaikan elemen kebanyakan yang terdapat di daratan Bumi, memiliki banyak sekali khasiat ataupun guna yang dapat dialami oleh manusia, tidak terkecuali tanah mergel. Semacam tanah yang yang lain, tanah mergel pula bisa dimanfaatkan buat kepentingan tertentu. Pemanfaatan tanah mergel ini dapat disesuaikan dengan ciri- karakteristik ataupun ciri yang dimilikinya. Tanah mergel dapat dimanfaatkan buat kepentingan ditanami:

1. Tumbuhan jati

Pemanfaatan tanah ini yang kerap dicoba oleh manusia merupakan ditanami pepohonan jati. Tumbuhan jati ialah tumbuhan yang banyak dimanfaatkan buat bermacam kepentingan mebel, semacam lemari, meja, sofa, serta lain sebagainya. Tidak hanya buat mebel, tumbuhan jati pula digunakan buat bermacam kepentingan yang lain. Tumbuhan jati pula ialah tipe tumbuhan yang dapat hidup. Kendati tanah ini ialah tanah yang tidak sangat produktif, hingga tidak banyak tipe tumbuhan yang dapat hidup di tanah ini. Serta salah satu tanaman yang bisa hidup merupakan tumbuhan jati.

2. Palawija

Pemanfaatan tanah mergel yang selanjutnya adalah sebagai lahan untuk ditanami tumbuh- tumbuhan palawija. Tanaman palawija merupakan tanaman yang banyak dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari- hari. Tanaman palawija ini mempunyai berbagai jenis. Dan tanaman palawija yang dapat tumbuh di tanah mergel pun hanya beberapa jenis tanaman saja.

3. Persebaran Tanah Mergel di Indonesia

Tanah marbalit merupakan jenis tanah yang mudah kita dapati di Indonesia. Tanah mergel ini biasanya terdapat di daerah- daerah tertentu. Tanah marbalit biasanya ada di lereng- lereng gunung atau di daerah dataran rendah. Adapun daerah- daerah di Indonesia yang merupakan daerah persebaran tanah mergel ini antara lain adalah Solo, Kediri, Madiun, dan Gunung Kidul.

Itulah berbagai macam informasi mengenai tanah mergel. Tanah mergel merupakan kekayaan yang ada di indonesia. Oleh karena itulah harus dilestarikan dan juga dijaga agar nantinya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh manusia demi kepentingan hidup bersama.

×
Order Warungku
Cart
  • No products in the cart.