6 Rekomendasi Makanan Khas Tegal Yang Wajib Anda Cicipi

6 Rekomendasi Makanan Khas Tegal Yang Wajib Anda Cicipi

warungku.id – Simak pembahasan Makanan Khas Tegal berikut ini.

1. Kuplat Bengong

kuplat bengong gurih

Kupat blengong yaitu perpaduan antara kupat Glabed dengan lauk sate Blengong. Kuliner tradisional dari Kota Bahari yang terdiri dari ketupat berkuah warna kuning kental yang dipersembahkan bersama sate Blengongnya ini betul-betul populer di Tegal. Dan di antara sekian banyak kios kupat blengong yang ada di Tegal, Kupat Blengong Mas Nanang yakni yang jadi salah satu warung yang amat populer dan melegenda serta senantiasa ramai disesaki para pencinta masakan yang nikmat dan mengenyangkan ini.

Letaknya ada di Jalan Sawo Barat, Tegal. Sate dari daging blengong ini merupakan dari daging hewan persilangan antara entok dengan bebek, dipadu bumbu oles bercita rasa gurih pedas, sate blengong yang agak kenyal amat cocok disantap bersama sajian ketupat sayur berkuah kental kaya rempah seperti kupat Glabed. Namun jika ingin menyantap sate Blengong dengan nasi juga dapat.

2. Glotak

Mengenal Glotak, Olahan Tempe Gembus Khas Tegal

Makanan khas Tegal lainnya yang tidak kalah lezat merupakan Glotak yang berbahan dasar gembus, sejenis oncom yang kemudian dimasak dengan pelbagai macam bumbu sehingga menghasikan rasa yang gurih.

Gembus ini kemudian dimasakk kembali bersama kaldu dan tambahan cabai untuk memberikan cita rasa pedas. Bunyi “glotak-glotak” pada cara kerja memasak kuliner inilah yang kemudian membuatnya disebut sebagai Glotak.

3. Rujak Teplak

Rujak Teplak, Kuliner Tegal

Kuliner Tegal yang bisa dicicipi adalah Rujak Teplak. Terbuat dari aneka sayuran rebus seperti kol, daun lemayung, daun pepaya dan sayuran lainnya, ciri khas masakan Tegal ini adalah tambahan sambal gaulnya.

Slang sambal adalah olahan singkong rebus yang dihaluskan dengan bumbu pedas. Dengan cita rasa yang unik ini, Rujak Teplak menjadi salah satu kuliner legendaris yang bisa ditemukan Toppers di Tegal.

4. Sate Kambing Muda Balibul dan Batibul

Sate Kambing Batibul Bang Awi

Sebagian orang beranggapan bahwa kota Tegal juga sungguh-sungguh identik dan familiar dengan kuliner sate kambing mudanya. Konon, daging kambing erat kaitannya dengan teksturnya yang kenyal, melainkan sebenarnya tekstur ini sangat bertumpu pada usia kambingnya. Semakin muda usianya maka akan kian empuk teksturnya.

Sebutan Balibul ialah singkatan dari bawah lima bulan, yang mengacu pada usia kambingnya. Meskipun Batibul yakni singkatan dari bawah tiga bulan. Nah, biasanya unggulan masyarakat Tegal adalah toko yang menyediakan sate kambing Balibul atau sate kambing Batibul itu karena dagingnya yang masih empuk. Bila berkeinginan mencoba mencicipinya maka bisa ke Kios Sate Sari Mendo yang terletak di Jalan Kapten Sudibyo dan juga di Jalan KS. Tubun.

5. Kupat Glabed

Resep Membuat Kupat Glabed Khas Tegal

Kuliner Tegal yang khas Tegal yaitu kupat Glabed. Makanan yang satu ini benar-benar makanan khas Tegal yang hanya akan dapat dijumpai dan diperoleh di Tegal, dan tak ada di kota lainnya. Jadi untuk mencicipi rasa kupat Glabed ini orang seharusnya datang berkunjung ke Tegal. Lantas seperti apa sih itu kupat Glabed? Kupat Glabed itu yakni salah satu makanan yang terdiri dari irisan potongan kupat, yakni semacam nasi kepal yang dibungkus daun kelapa dalam pembuatannya, dengan lauknya yang lalu disiram dengan kuah santan berwarna kuning yang akan makin enak rasanya sekiranya disantap dengan dilengkapi krupuk keriting. Kuah dari kupat Glabed ini terbuat dari santan dan tepung maizena yang berbumbu kunyit sehingga warnanya menjadi kuning.

Macam masakan ini banyak dipasarkan di beraneka gerai yang berderet di Alun-alun Tegal, dan di depan stasiun kereta. Kuliner Tegal berupa kupat Glabed ini lazimnya dirasakan bersama dengan lauk berupa sate Blengong. Rasanya lezat dan mengenyangkan.

6. Sauto Tauco

Resep Masakan: Soto Tauco Khas Tegal yang Segar untuk Santap Siang | kumparan.com

Buat penggemar Soto, Tegal juga menawarkan masakan Soto tapi dengan cita rasa berbeda khas Tegal. Dengan isian daging ayam yang disuwir, irisan babat, tauge, brambang goreng, yang mewujudkan kuliner khas Tegal ini berbeda adalah tambahan Tauco didalamnya. Hal ini membuat rasa dari Soto menjadi amat khas dengan perpaduan rasa manis, asam, asin, dan wewangian dari Tauco.

Demikianlah deretan makanan khas Tegal yang yang wajib anda cicipi dengan rasa yang begitu gurih. Terimakasih.

Baca Juga:

×
Order Warungku
Cart
  • No products in the cart.