Fungsi Wifi,Pengertian Dan Cara Kerjanya.

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan fungsi WiFi, apalagi jika Anda adalah orang yang banyak menghabiskan waktu dengan ponsel pintar.

Pengertian Wifi

WiFi adalah teknologi jaringan nirkabel yang memungkinkan perangkat seperti komputer (laptop dan desktop), perangkat seluler (smartphone dan perangkat genggam) dan peralatan lainnya (printer dan kamera video) untuk berinteraksi dengan Internet. Hal ini memungkinkan perangkat ini untuk berkomunikasi satu sama lain, sehingga membentuk jaringan.

Koneksi internet dilakukan melalui router nirkabel. Saat Anda mengakses WiFi, Anda terhubung ke router nirkabel yang memungkinkan perangkat yang kompatibel dengan WiFi Anda untuk berkomunikasi dengan Internet. Wi-Fi sendiri sebenarnya berarti Wireless Fidelity. Wi-Fi biasanya menggunakan frekuensi radio 2,4 hingga 5 GHz untuk terhubung ke perangkat elektronik. Dengan perkembangan zaman, internet telah berubah dari yang tadinya hanya menjadi kebutuhan tersier, kini seolah-olah sudah menjadi kebutuhan primer.

fungsi wifi

Cara Kerja Wifi

Sementara Wi-Fi biasanya digunakan untuk mengakses Internet di perangkat seluler seperti ponsel cerdas, tablet, atau laptop, Wi-Fi sendiri digunakan untuk menghubungkan router atau titik akses lainnya, yang pada gilirannya menyediakan akses Internet.

WiFi adalah koneksi nirkabel ke perangkat Anda, bukan Internet itu sendiri. Ini juga menyediakan akses ke jaringan lokal perangkat yang terhubung. Oleh karena itu, Anda dapat mencetak gambar nirkabel dan menonton streaming video dari kamera yang terhubung ke jaringan WiFi tanpa koneksi fisik.

Alih-alih menggunakan koneksi kabel seperti Ethernet, WiFi menggunakan gelombang radio untuk mengirim informasi pada frekuensi tertentu (biasanya 2,4 GHz dan 5 GHz).

Kisaran khas jaringan Wi-Fi normal di luar ruangan bisa mencapai 100 meter. Namun, bangunan dan material lain memantulkan sinyal, membuat sebagian besar jaringan Wi-Fi menjadi lebih rapat. Yang paling umum biasanya bukaan 10 hingga 35 meter. Daya antena dan frekuensi pancar juga dapat mempengaruhi efektivitas jangkauan jaringan. Frekuensi yang lebih tinggi seperti 5 GHz dan 60 GHz memiliki jangkauan efektif yang jauh lebih rendah daripada 2,4 GHz.

Siapa pun yang berada dalam jangkauan jaringan dan perangkat dengan Wi-Fi dapat menemukan jaringan dan mencoba menyambungkannya. Ini memungkinkan Anda untuk bekerja di sektor publik dan swasta. Ini juga mencakup standar seperti WPA, WPA2, dan WPA3, dan mengapa penting untuk mengubah kata sandi Anda jika Anda merasa seseorang mengakses jaringan Anda tanpa izin Anda.

Fungsi Wifi

Apa saja fungsi Wifi? Ternyata, masih ada lagi fungsi Wifi yang mungkin belum Anda sadari, seperti beberapa fungsi di bawah ini misalnya :

1. Hubungkan perangkat ke jaringan

Tidak seperti LAN berkabel dengan jumlah pengguna terbatas, Wi-Fi dapat digunakan di banyak komputer tanpa memerlukan banyak kabel. Dengan demikian, Wi-Fi memfasilitasi koneksi dari banyak pengguna ke jaringan.

2. Pertukaran data antar perangkat

Katakanlah Anda memiliki dua perangkat elektronik dan Anda ingin mentransfer data dari satu ke yang lain. Wi-Fi dapat digunakan untuk ini, sehingga kabel data tidak lagi diperlukan dan membuat pekerjaan lebih praktis dan efisien.

3. Modem Dari Smartphone

Padahal dengan adanya Wifi, sebuah ponsel bisa terkoneksi ke jaringan sehingga pengguna tidak perlu menggunakan paket data berbayar. Namun tidak hanya itu, jika ponsel Anda mendukung perangkat lunak elektronik, Anda dapat menggunakan ponsel sebagai modem.

Ini sangat berguna jika Anda pergi ke suatu tempat yang tidak memiliki Wifi. Jika tas data Anda cukup besar, maka jika Anda ingin mengakses internet melalui laptop misalnya, Anda dapat menggunakan ponsel Anda sebagai modem menggunakan sinyal Wifi untuk terhubung dan ke komputer Anda.

4. Sistem lebih cepat

Ini harus diberitahukan kepada pengguna telepon. Sebaliknya, ketika mengakses Internet melalui sistem seluler terkadang lebih cepat, terkadang lebih lambat karena sinyal, kecepatan Internet lebih stabil dengan penggunaan Wifi. Kelebihannya bisa streaming video dengan mudah, download lebih cepat, tidak perlu upload input.

Bagaimana cara kerja Wi-Fi?

WiFi adalah jaringan area lokal (LAN) yang tidak memerlukan koneksi kabel berkecepatan tinggi. Sinyal radio adalah kunci yang memungkinkan komunikasi dalam jaringan wifi. Teknologi WiFi ini menggunakan dua frekuensi radio untuk mengirim dan menerima sinyal radio. Dua frekuensi gelombang radio adalah 2,4 GHz dan 5 GHz.

Router yang mentransmisikan data melalui Internet menerima dalam sinyal radio yang ditransmisikan dari antena WiFi ke perangkat penerima WiFi seperti smartphone dan laptop yang dilengkapi dengan sirkuit WiFi. Komputer atau smartphone yang menerima sinyal wifi ini akan segera membacanya dan mentransfernya ke data yang dipahami perangkat. Jadi ada koneksi antara pengguna dan jaringan. Demikian pula, ketika Anda mengirim informasi dari komputer atau ponsel, perangkat akan mengirimkan data ke sinyal radio dan mengirimkannya melalui antena.

Demikianlah pengertian, fungsi, dan fungsionalitas Wi-Fi yang telah digunakan kebanyakan orang. Tentunya Wi-Fi ini memiliki kelebihan, seperti mempermudah layanan bagi pengguna karena lebih fleksibel dan pengguna dapat berpindah-pindah, akses jaringan internet lebih mudah dan juga konsumsi daya yang rendah. Semoga Bermanfaat untuk anda semua.

×
Order Warungku
Cart
  • No products in the cart.