9 Macam-Macam Fenomena Alam.

warungku – Kali ini akan membahas tentang macam-macam fenomena alam , langsung aja kita simak dibawah ini.

Pengertian Fenomena Alam

Fenomena alam merupakan peristiwa yang terjadi tanpa campur tangan manusia. Ada fenomena alam yang berbahaya seperti tsunami, tornado, atau letusan gunung berapi dan ada juga yang sering terjadi dan tidak berbahaya seperti hujan.

Macam-Macam Fenomena Alam

1. Gerhana Matahari Total

Kenapa Gerhana Matahari Total Hanya Terjadi Beberapa Menit?

Pada tanggal 9 Maret 2016 yang lalu Indonesia pernah mengalami fenomena alam gerhana matahari total. Pada saat itu Indonesia dilewati jejak gerhana matahari total sampai 12 Provinisi di Indonesia yaitu mulai dari Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Babel, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku Utara dan juga di beberapa tempat wisata lainnya di Indonesia.

Fenomena tersebut sangatlah unik karena hanya ada satu gerhana matahari total yaitu pada tahun 2016 dan dua gerhana matahari cincin pada tahun 2009 dan 2019 yang akan datang. Sehingga 2016 lalu adalah salah satu momen bersejarah bagi Indonesia.

2. Aurora

Rahasia Alam Semesta: Bagaimana Aurora Si Cahaya Warni-warni Menari Terjadi? Halaman all - Kompas.com

Aurora sering digambarkan dengan cahaya yang berdansa. Fenomena tersebut berawal dari peristiwa meledaknya bintik hitam pada permukaan matahari yang kemudian memuncul angin surya. Kecepatan ledakan tersebut sangat tinggi sekitar 40 jam bisa mencapai jarak bumi.

Partikel yang dibawa angin surya adalah proton dan electron yang akan mempengaruhi atmosfer bumi. Ketika bercampur dengan oksigen atau juga nitrogen pada atmosfer akan memunculkan aliran listrik yang mempunyai warna yang sangat indah yaitu warna hijau, pink, merah dan lain sebagainya.

3. Pelangi

9 Mitos dan Fakta Pelangi, Ternyata Juga Muncul di Malam Hari, Lho

Pelangi api termasuk dalam kategori fenomena langka, karena kondisi dan faktor-faktor penyebabnya cukup sulit. Nama pelangi api tersebut mewakili gambaran peristiwa seperti adanya pelangi yang berbentuk bagaikan api yang sedang berkobar di atas langit. Ada beberapa kondisi yang harus dipenuhi supaya terjadi peristiwa tersebut yaitu harus adanya awan cirrus di ketinggian 6.000 meter di atas tanah dengan bentuknya yang kristal.

Faktor lainnya yaitu keberadaan sudut cahaya matahari haruslah 58 derajat di atas langit. Titik sinar yang mengarah ke awan cirrus juga harus tepat dan awan bentuknya juga harus seperti piring. Nah itulah beberapa faktor kondisi yang harus ada supaya terjadi fenomena pelangi api di langit.

Baca Juga: Perekonomian Kamboja: Pengertian, Karakteristik.

4. Hujan Meteor Lyrid

Siap-siap Hujan Meteor Lyrids Terjadi Malam Ini, Berikut Lokasi Tepat untuk Melihat - TribunStyle.com

lyrids Merupakan salah satu hujan meteor idaman bagi para pengamat, faktor dari kemunculan hujan meteori Lyrid adalah debu dari komet Thatcher dinisbatkan kepada penemunya yaitu Thatcher yang menyimpulkan bahwa komet tersebut merupakan komet jangka panjang selama 415 tahun dan menurut perkiraannya akan kembali ke bumi sekitar abad 23-an. Menurutnya, komet ini berukuran sangat kecil seperti butiran pasir, dengan kecepatan yang sangat tinggi yang mencapai 45 km/jam komet ini akan menampakkan cahaya gemerlapan seperti konstelasi alat musik petik.

5. Supermoon

Fenomena Supermoon Akan Terjadi Malam Ini, Ini Dia Daerah yang Akan Mengalami Dampaknya! - Semua Halaman - iDEA

 

Fenomena ini terjadi ketika sang Bulan Purnama berada pada titik dimana jaraknya dengan bumi adalah sangat dekat. Sudah bisa dipastikan apa yang terjadi, yakni penampakan bulan yang akan terlihat sangat besar. Pemandangan yang paling menakjubkan adalah saat bulan Purnama dan tentunya tanpa ganguan awan tebal.

6. Awan lenticular

fenomena alam

Fenomena awan ini terbentuk akibat embusan angin yang kencang yang menabrak dinding besar, seperti berupa bukit atau gunung sehingga menyebabkan terbentuknya suatu pusaran. Walaupun memiliki tampak yang indah pesawat harus menjauh dari awan ini karena bisa menimbulkan turbulensi pada pesawat.

7. Gerhana matahari cincin

Proses Terjadinya Gerhana Matahari Cincin

Gerhana matahari cincin, merupakan gerhana matahari yang terjadi saat jarak antara matahari dan bumi berada di posisi paling jauh, sehingga cahaya yang terpancarkan dari matahari berbentuk cincin. Fenomena ini terjadi pada 26 Desember 2019, bagi kalian yang berada di Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat bisa menyaksikanya.

8. Fenomena Planet Sejajar

Ini Hasil Foto Warganet Berburu Fenomena Langka 5 Planet Sejajar - SINDOnews

Fenomena ini merupakan sejajarnya 5 planet yang mengorbit di masing-masing lintasan. kelima planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Ini terjadi pada waktu tanggal 24 Juni 2022 Kemarin , Ini sejarah bagi indonesia.

9. Komet Honda

Komet 45P/Honda-Mrkos-Pajdušáková Mulai Tampak di Langit Bumi - Info Astronomy

Bukan hanya Honda saja, ada Antonin Mrkos juga. Oleh karenanya nama lengkap dari komet tersebut.

Anda bisa melihat keindahan komet tersebut dengan bantuan alat optic yaitu teleskop, sekitar 5,25 tahun komet tersebut akan mencapai matahari dalam orbitnya. Saat-saat yang paling tepat untuk mengamati komet tersebut adalah saat fajar dengan tingkat kecerahan maksimum.

Nah, demikianlah fenomena alam di Langit yang perlu untuk Anda ketahui dan sekaligus bisa Anda nikmati.

 

 

×
Order Warungku
Cart
  • No products in the cart.