Georgia Panggilan untuk kehadiran permanen pasukan AS di Lituania. – Warungku Terkini

Lingkaran pakar kebijakan luar negeri dan keamanan di Georgia (Neweurope.eu, 17 November) dan menteri pertahanan Lituania yang mengundurkan diri (LRT, 16 November, 19) masing-masing menyerukan kehadiran permanen pasukan AS. Seruan tersebut mengindikasikan harapan bahwa pemerintahan Presiden terpilih Joseph Biden akan lebih fokus pada keamanan di sisi timur Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Hasil pemilihan presiden AS, serta pengumuman musim panas ini bahwa ribuan pasukan AS akan ditarik keluar dari Jerman dengan ditempatkan kembali di tempat lain, telah memicu perang penawaran kecil untuk beberapa pasukan militer tersebut. Deklarasi Bersama tentang Kerja Sama Pertahanan, yang ditandatangani pada bulan Agustus, akan membuat Polandia menerima 1.000 tentara tambahan AS dari 4.500 tentara bergilir saat ini dan 200 tentara lagi sebagai bagian dari Pusat Komando Maju Korps V yang baru dibentuk. (Lihat EDM 29 Juni). Selain itu, kehadiran bergilir akan dikerahkan di negara lain di sepanjang sayap timur dan tenggara NATO (Crsreports.congress.gov, 4 Agustus). Menteri Pertahanan Latvia Artis Pabriks mengatakan bahwa kehadiran pasukan AS di Latvia akan didasarkan pada kesediaan dan kesediaan Latvia untuk membayar, baik secara bergilir maupun tetap (Leta.lv, 11 Juli; Lsm.lv, 9 September). Pabriks pernah dengan bersemangat mengungkapkan prospek pasukan AS mengunjungi Latvia lebih sering jika ditempatkan di Polandia (Lsm.lv, 26 Juni). Estonia, di sisi lain, telah menekankan peran yang dimainkan pasukan AS sebagai landasan keamanan Eropa sejak Jerman mengumumkan penarikan dan pemindahan pasukannya (ERR, 18 Juni, 30 Juli, 29 November). Georgia dan Lituania hanyalah negara-negara terbaru yang mencoba memanfaatkan potensi pergeseran postur pertahanan Amerika di Eropa.

Prospek kehadiran militer AS yang lebih kuat di Lituania lebih kuat daripada di Georgia. Anggota NATO, Lituania saat ini menjadi rumah bagi batalion multinasional Enhanced Forward Presence (eFP) NATO di Rukla dan pengerahan enam bulan 500 tentara AS antara Kaunas dan Vilnius (Nato.int diakses 27 November, Reuters, 25 September). Di samping itu, Georgia, mitra penjaga perdamaian NATO sejak 1994 yang dijanjikan menjadi anggota terakhir pada Bucharest Summit 2008, bahkan belum mendapatkan pusat pelatihan dan program pelatihan pasukan (MAP). Meskipun 77 persen orang Georgia mendukung bergabung dengan Uni Eropa dan 74 persen mendukung NATO. Tambahan, Georgia berpartisipasi dalam Misi Dukungan Tegas NATO di Afghanistan dan Operasi Sea Guardian di Mediterania (Mod.gov.ge, 18 September; Nato.int, 18 Maret 2019; 21 Oktober 2020; Ndi.org, 28 Mei). 2019).

Agresi Rusia juga merupakan faktor, dan baik Georgia maupun Baltik sangat mengkhawatirkan tingkat keamanan mereka sejak invasi Ukraina tahun 2014. Saat Rusia semakin meningkatkan kehadiran militernya di Kaukasus Selatan di bawah kesepakatan damai Karabakh, Georgia mewaspadai lebih banyak penjaga perdamaian yang tiba di wilayah tersebut. Georgia tahu lebih baik daripada kebanyakan orang bahwa penjaga perdamaian Rusia pada akhirnya bisa berubah menjadi pasukan invasi.

Di Baltik, Lituania memiliki status khusus dalam hal kepentingan strategis. Perbatasan antara Polandia dan Lituania disebut Koridor Suwałki, yang terletak di antara wilayah Rusia di Kaliningrad dan Belarusia. Pakar keamanan Jacek Bartosiak mengatakan dalam sebuah wawancara dengan episode pertama The warungku Foundation. Pendekatan Timur seri webinar; Tiga masalah keamanan utama untuk Lituania dan Koridor Suwałki disorot. Pertama, Sebidang tanah sepanjang 65 km ini berisi satu-satunya jalan utama yang dilalui pasukan NATO (selain pasukan Baltik) dapat mencapai negara-negara Baltik dari Polandia. Kedua rute yang mengarah ke Vilnius dan Kaunas masing-masing mempertaruhkan proyeksi cepat pasukan militer dari Grodno dan Kaliningrad di Belarusia. Situasi di Belarus dapat menyebabkan aksi militer Rusia yang lebih besar, dengan kehadiran permanen Rusia di cakrawala (lihat EDM, 17 September, 20 Oktober 22). Dikelilingi oleh anggota NATO, Kaliningrad telah mengalami modernisasi militer yang cepat selama beberapa tahun terakhir, termasuk sistem Anti-Access/Area Denial (A2/AD) berlapis dan kemampuan kendaraan udara tak berawak (UAV) (lihat EDM, 23 Februari 2018, Desember 11 Januari 2018, 17 Januari 2019, 1 April 2020). Kedua, Negara-negara Baltik rentan di sisi timur dan barat: timur jarang dihuni oleh penutur bahasa Rusia, membuatnya lebih rentan terhadap perang informasi dan pergerakan lambat, sementara barat terbuka untuk serangan angkatan laut dan amfibi di banyak pelabuhan dan pantai. Ketiga, Geografi Lituania sangat ideal untuk operasi tank, tetapi tidak untuk penggunaan rudal anti-tank Javelin. Masalah ini, dikombinasikan dengan pasukan NATO lapis baja yang tidak mencukupi sebagai bagian dari batalyon eFP dan penempatan pangkalan NATO di Rukla, dapat membuat seluruh pedesaan tidak terlindungi selama invasi Rusia (lihat Pendekatan Timur, 17 Juli 2017).

Kekompakan geografis Laut Baltik membuat risiko setiap kerentanan menjadi tinggi. Selain Lituania dan Koridor Suvaki, yang oleh beberapa orang dianggap sebagai pusat gravitasi keamanan Baltik. Riga, Pusat gravitasi keamanan Baltik (lihat Pendekatan Timur, 17 Juli) dan pulau Saaremaa Estonia, yang menguasai sektor Laut Baltik ini; Ini paling jelas dalam peristiwa invasi (lihat Pendekatan Timur, 25 September).

Lokasi Georgia di pantai timur Laut Hitam merupakan bukti ganda dari kepentingan strategis negara tersebut. Pertama, Georgia membantu membatasi kehadiran Rusia di Laut Hitam, dan anggota NATO Bulgaria; Rumania Bekerja dengan Turki dan mitra NATO Ukraina (lihat EDM, 4 Februari). Selain berbatasan dengan Abkhazia dan Krimea yang diduduki Rusia, Laut Hitam menjadi semakin penting untuk transportasi energi dan kargo. Kedua, Georgia memainkan peran kunci dalam koridor Laut Kaspia-Laut Hitam sebagai jalur kereta api Baku-Tbilisi-Kars dan jaringan pipa Baku-Tbilisi-Ceyhan dan Kaukasus Selatan (lihat EDM, 30 Juli). Sebagai mitra pertahanan, Georgia telah memberikan 20.000 tentara ke Afghanistan sejak 2010 dengan Misi Dukungan Tegas. Lebih dari kebanyakan negara non-NATO dan banyak anggota aliansi (Nato.int, Februari 2020; State.gov 16 Juni). Pasukan Georgia juga berpartisipasi dalam latihan militer bersama Noble and Agile Spirit tahunan dengan Amerika Serikat.

Georgia Lituania dan negara-negara lain yang menyerukan kehadiran permanen AS tampaknya terdorong untuk angkat bicara oleh keputusan kontroversial Jerman untuk menarik pasukan. Jerman adalah pusat logistik dan komando, bukan garis depan (lihat warungku.org, 18 Agustus).

Info Olahraga



Kuliner



Kumpulan Resep Masakan



Movie Boxoffice 2022



Seni Budaya



ESPORT



Informasi Terbaru


berita terbaru, berita bola terbaru, berita terbaru terpopuler hari ini, berita terbaru hari ini, berita ppkm terbaru, berita terbaru ac milan, berita ac milan terbaru, berita motogp terbaru, berita persib terbaru, berita terbaru hari ini di seluruh dunia, berita terbaru manchester united, berita terbaru liverpool, berita hari ini terbaru, berita chelsea terbaru, berita artis terbaru, berita terbaru mu, berita terbaru motogp, berita pilpres 2019 terbaru hari ini, berita liverpool terbaru, berita terbaru juventus, berita terbaru arsenal, berita terbaru chelsea, berita terbaru anak ridwan kamil, berita terbaru kri nanggala 402, berita arsenal terbaru, berita mu terbaru, berita terbaru persib, berita terbaru anak gubernur jawa barat, berita ukraina terbaru, berita terbaru kapal selam nanggala, berita sepakbola terbaru, berita pppk terbaru, berita terbaru anak ridwan, berita rusia terbaru, berita selebriti terbaru pagi ini 2021, berita sepak bola terbaru, berita manchester united terbaru, berita terbaru inter milan, berita real madrid terbaru, berita juventus terbaru, berita timnas indonesia terbaru, berita timnas terbaru, berita terbaru rusia vs ukraina, berita anak ridwan kamil terbaru, berita persebaya hari ini terbaru, berita terbaru ridwan kamil, berita timnas indonesia terbaru naturalisasi, berita terbaru rusia ukraina, berita barcelona terbaru, berita terbaru kasus subang

×
Order Warungku

You were not leaving your cart just like that, right?

Enter your details below to save your shopping cart for later. And, who knows, maybe we will even send you a sweet discount code :)