Minyak Masakan: Pengertian,Fungsi,Jenis-Jenis Dan Cara Mengolahnya.

Minyak masakan – Minyak goreng yang terbuat dari minyak kelapa sawit telah banyak digunakan dalam masakan sejak zaman dahulu. Berkat ketahanan panas yang baik, makanan yang digoreng dengan minyak ini ternyata lebih renyah.

Sayangnya, minyak sawit tidak bisa digunakan berkali-kali karena bisa berdampak buruk bagi tubuh. Salah satunya adalah karsinogenik, yang terjadi karena perubahan struktur kimia minyak ini dengan penggunaan yang konstan. Selain itu, harga minyak sawit saat ini tidak stabil, dan ada kemungkinan harga akan naik lagi di bulan Ramadhan.minyak masakan

Pengertian Minyak Goreng

Minyak goreng adalah cairan yang digunakan untuk menggoreng, atau bisa juga digunakan untuk keperluan lain. Warna minyak Goreng di pasaran bervariasi dari putih kekuningan hingga kuning keruh. Minyak goreng berasal dari pohon kelapa sawit. Buah kelapa sawit akan diolah sehingga ampasnya dapat dipisahkan dari bijinya. Untuk menghasilkan minyak yang berkualitas baik, ada beberapa kondisi yang sering digunakan saat pengujian buah. Minyak goreng memiliki tampilan yang berbeda di setiap negara dengan perbedaan iklim yang signifikan. Di negara-negara dengan musim dingin, minyak sayur akan tampak putih keruh. Banyak orang mengatakan bahwa jenis minyak Goreng ini mengantuk karena suhu lingkungan yang rendah.

Fungsi

Pada dasarnya, minyak sayur digunakan sebagai bahan saat akan memasak sesuatu yang digoreng. Minyak goreng akan membantu Anda bertransisi dari makanan mentah ke makanan dengan tekstur yang lebih kencang atau renyah. Selain sebagai pengganti makan tentunya, minyak sayur juga bisa digunakan dalam jumlah yang lebih sedikit untuk proses pemanggangan bumbu masakan.

Beberapa orang mungkin menggunakan minyak untuk keperluan lain, seperti mencampurnya dengan bahan kosmetik untuk membuat masker, dll. Ada juga yang menggunakan minyak Goreng sebagai bahan makanan tambahan daripada sebagai bahan dalam proses pembuatannya.

Jenis Minyak Goreng

Sebenarnya, minyak goreng yang sering dipakai memasak makanan asalnya dari bagian tanaman yang sudah dimurnikan. Bisa kelapa, sawit, jagung, kedelai, atau kacang-kacangan lainnya.

Sekarang di Indonesia, minyak Goreng sendiri terbagi menjadi dua jenis: padat dan cair. Yang pertama ditandai dengan warna putih dan penampilan berminyak. Sedangkan yang kedua berwarna kuning lebih cair dan transparan.

Keduanya sering digunakan untuk menggoreng makanan. Sederhananya, minyak sayur lebih enak karena hasilnya lebih renyah, kasar dan tidak berminyak. Selain itu, minyak ini juga tidak akan menimbulkan bau yang tidak sedap meskipun digunakan berkali-kali.

1. Minyak Zaitun

Ini Cara yang Benar Menggunakan Minyak Zaitun untuk Pijat

Minyak Goreng yang paling berguna adalah minyak zaitun. Jenis ini mengandung antioksidan dan asam lemak tak jenuh tunggal. Menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng makanan dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.

2. Minyak Biji Rami

Minyak Biji Rami: Manfaat, Efek Samping, dan Cara Menggunakannya | SFIDN - Science From Indonesia Articles

Minyak biji rami biasanya digunakan untuk salad sayuran. Kandungan omega-3 dari minyak ini cocok untuk mereka yang sedang diet. Minyak biji rami membantu mencegah kolesterol dan mendukung tekanan darah.

3. Minyak Kelapa (Coconut Oil)

Inilah 4 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Tubuh - Alodokter

Minyak ini banyak disukai karena punya bau yang khas. Murni yang diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa bahan kimia tambahan dan diproses tanpa suhu tinggi bermanfaat untuk kesehatan. Minyak kelapa murni mengandung senyawa phenolic yang berperan sebagai antioksidan. Ditambah lagi, senyawa asam laurat, kaprilat, dan kaprat bagus untuk pertumbuhan probiotik dalam saluran pencernaan.

4. Minyak Wijen

Jual MINYAK WIJEN BOTOL BESAR Indonesia|Shopee Indonesia

Konsumsi minyak wijen bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan antioksidan. Minyak wijen dihasilkan dari biji yang pertama kali dipanggang dan diekstraksi. Jika Anda alergi kacang, minyak wijen bisa menjadi alternatif untuk memasak.

5. Minyak Kacang

Konsumsi Kacang-Kacangan di Trimester Pertama Kehamilan, Anak Berpotensi Lebih Pintar - Health Liputan6.com

Minyak kacang tanah memiliki rasa manis dan pedas. Selai kacang umumnya digunakan dalam masakan Asia seperti memanggang, memanggang, dan memanggang daging. Minyak kacang tanah mengandung lebih banyak asam lemak tak jenuh dibandingkan minyak lainnya.

6. Minyak Biji Anggur

Rahasia Minyak Biji Anggur Yang Wajib Kalian Ketahui - Fashion & Beauty Liputan6.com

Vitamin E, omega-6 dan asam lemak tak jenuh ditemukan dalam minyak biji anggur. Vitamin E mengandung antioksidan dan membantu melawan radikal bebas.

7. Minyak Alpukat

Minyak Alpukat dan Minyak Zaitun, Mana yang Lebih Baik? Halaman all - Kompas.com

Alpukat dapat diolah menjadi minyak yang baik untuk kesehatan. Minyak ini kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal.

8. Minyak Bunga Matahari

Miliki Kulit Sehat dengan Minyak Biji Bunga Matahari - Info Sehat Klikdokter.com

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 1 sendok makan minyak bunga matahari adalah sumber vitamin E yang baik. Studi menunjukkan bahwa minyak tersebut dapat menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida lebih banyak daripada minyak tinggi lemak jenuh.

Tips Menggunakan Minyak goreng

minyak goreng yang baik untuk kesehatan jantung adalah yang memiliki kandungan lemak jenuh tidak lebih dari 4 gram per sendok makannya. Selain itu, ikuti juga aturan berikut ini saat menggunakan minyak goreng:

  • Gunakan Minyak dengan Temperatur yang Tepat

Suhu minyak saat menggoreng makanan sangat penting, jadi pemanasannya harus benar. Karena jika minyak masih dingin atau hangat tetapi makanan telah ditambahkan, makanan akan menyerap lebih banyak minyak.

Sedangkan jika minyaknya terlalu panas, makanan akan lebih mudah gosong dan bagian dalamnya tidak akan matang. Kemudian, jika memungkinkan, gunakan minyak secukupnya saja agar senyawa yang terbentuk saat pemanasan tidak terlalu banyak.

  • Tiriskan Makanan dengan Tisu

Setelah digoreng, makanan harus dikeringkan terlebih dahulu dengan tisu, yang dapat menyerap minyak. Dengan demikian, jumlah minyak yang diserap oleh makanan akan berkurang.

  • Gunakan Minyak Tidak Lebih dari Tiga Kali

Minyak goreng idealnya hanya digunakan satu sampai tiga kali pada suhu di bawah 120°C. Jangan menggunakan minyak sayur yang sama lebih dari ini karena jika minyak dipanaskan lebih sering akan rusak dan teroksidasi. Akibatnya, makanan yang dimasak pun berbau apek dan pahit.

  • Di Simpan Dengan Baik

Minyak juga perlu disimpan dengan baik agar kandungannya tidak berubah. Caranya bisa dimasukan ke dalam wadah tertutup, lalu simpan di tempat yang teduh dan sejuk.

Demikianlah ulasan mengenai minyak goreng yang dapat dipahami, Terimakasih yang sudah baca artikel ini.

Baca Juga: Pp Whatsapp Ultraman Lucu.

×
Order Warungku
Cart
  • No products in the cart.