Pengertian,Jenis-Jenis Dan Manfaat Nutrisi.

Pengertian,Jenis Dan Manfaat Nutrisi – Kata nutrisi cukup umum, tetapi masih banyak yang keliru dalam memahaminya. Kata ini sering kali disamakan dengan zat gizi, padahal jelas berbeda. Supaya Anda tidak salah lagi memahaminya, simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Nutrisi

Nutrisi adalah zat organik yang ada dan diperlukan bagi organisme, yang berguna untuk normalisasi sistem tubuh, pertumbuhan tubuh, dan juga untuk menjaga kesehatan. Penelitian di bidang gizi ini mengkaji hubungan antara makanan dan minuman, kesehatan, dan penyakit yang secara spesifik dapat menentukan pola makan yang optimal. Di masa lalu penelitian nutrisi tersebut terbatas hanya mengenai pencegahan penyakit kurang gizi serta juga untuk bisa menentukan kebutuhan dasar untuk makhluk hidup. Dalam angka kebutuhan untuk nutrisi dasar tersebut dikenal oleh dunia yang disebut dengan sebutan “Recommended Daily Allowance (RDA)”.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kedokteran, fakta bahwa RDA tidak dapat atau tidak dapat cukup untuk mencegah/membantu dalam pengobatan penyakit kronis atau kronis. Fakta media ini menunjukkan bahwa akar dari banyak penyakit kronis adalah stres oksidatif yang disebabkan oleh kelebihan radikal bebas dalam tubuh. Dengan menggunakan nutrisi tahap maksimal atau juga Optimal Daily Allowance (ODA) bisa atau dapat membuktikan mencegah serta juga mengatasi stres oksidatif, yang tentu bisa atau dapat membantu di dalam mencegah penyakit kronis.

Jenis-Jenis Nutrisi

Fakta Penting tentang Nutrisi - Nutrisi Untuk Bangsa

1. Makronutrisi

Makronutrisi adalah nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak. Nutrisi ini bertindak sebagai sumber energi untuk fungsi metabolisme dan organ lainnya. Jenis zat gizi yang termasuk dalam zat gizi makro antara lain protein, karbohidrat, dan lemak.

  • Protein

Protein merupakan nutrisi yang terdiri dari asam amino. Jenis makronutrien ini membentuk sekitar 20% dari berat badan [2]. Fungsi protein adalah untuk membangun sel baru, memperbaiki sel yang rusak, mendukung pencernaan, dll. Nutrisi ini bisa Anda dapatkan dari berbagai makanan berprotein tinggi, seperti telur, daging, tahu, tempe, atau susu.

  • Lemak

Jenis makanan lainnya adalah lemak. Selain memberikan energi, makronutrien ini juga membantu menyerap vitamin, melumasi sendi, membangun membran sel, dan melawan peradangan. Lemak terdiri dari lemak nabati (minyak zaitun, minyak alpukat, minyak kelapa) dan lemak hewani (susu, ikan, telur).

  • Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama Anda selama aktivitas sehari-hari. Tubuh Anda akan menggunakan karbohidrat untuk membuat glukosa, yang dapat Anda gunakan segera atau simpan sebagai cadangan energi. Kelebihan glukosa yang dihasilkan akan disimpan dalam tubuh Anda sebagai lemak.

Ada dua jenis karbohidrat yang baik untuk tubuh, sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana ditemukan dalam gula, dan karbohidrat kompleks ditemukan dalam pati dan serat. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi nasi, jagung, gandum, singkong, ubi jalar, ubi, dan sagu sebagai sumber karbohidrat.

2. Mikronutrisi

Sesuai dengan namanya, trace element adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit dan berfungsi hanya untuk metabolisme tubuh. Ada tiga senyawa yang dapat digolongkan sebagai zat gizi, yaitu vitamin, mineral dan air.

  • Air

Jenis nutrisi selanjutnya adalah air. Ini termasuk konsumsi yang paling penting, mengingat tubuh manusia dewasa sebagian besar terdiri dari air, yaitu sebanyak 60%. Manfaat air antara lain perlindungan jaringan tubuh, penyerapan nutrisi, optimalisasi fungsi organ, perbaikan pencernaan, pengaturan suhu tubuh dan masih banyak lagi. Air putih 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari dianggap cukup untuk memenuhi asupan cairan. Namun, kebutuhan cairan ini umumnya akan bervariasi dari orang ke orang, tergantung pada usia, tingkat aktivitas dan status kesehatan.

  • Mineral

Tubuh juga membutuhkan pasokan nutrisi dari mineral dan elemen lainnya. Keduanya bermanfaat dalam membantu kerja organ tubuh. Mineral klorin, misalnya, dapat membantu menghasilkan cairan pencernaan dalam tubuh. Fosfor kemudian dapat memperkuat tulang Anda.

Anda dapat menemukan kedua mineral ini dalam makanan yang Anda makan, tetapi karena mereka adalah elemen pelacak, tubuh hanya membutuhkannya dalam jumlah kecil.

  • Vitamin

Tubuh Anda juga membutuhkan jenis nutrisi ini untuk membantu metabolisme, meningkatkan energi, dan meningkatkan pemikiran. Setiap vitamin yang Anda konsumsi pasti memiliki manfaat yang berbeda untuk tubuh. Bahkan ada beberapa vitamin yang efektif dalam meminimalkan risiko penyakit tertentu.

Contohnya adalah penggunaan vitamin A, C dan E, yang membantu mencegah penyakit jantung koroner, ketika ketiganya terus memperkuat dinding arteri. Selain itu, vitamin B1 juga berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dan saraf tubuh Anda.

Manfaat Nutrisi

 

Berikut manfaat nutrisi antara lain:

Meningkatkan Sistem Kekebalan

Tahukah Anda bahwa penyakit yang sering kita jumpai, seperti flu dan demam, disebabkan oleh daya tahan tubuh yang melemah. Cara meningkatkannya lagi dengan mengonsumsi makanan sehat dan dengan mengonsumsi vitamin C, yang bisa didapat dari sayur dan buah, serta suplemen.

Melindungi Tulang Dan Gigi

Seperti halnya gigi, bisa tetap kuat meski di usia 60 hingga 70 tahun, hal ini terjadi jika kita memperhatikan nutrisi yang tepat. Makanan terkenal seperti susu, keju, dan yogurt kaya akan kalsium, yang membantu tulang dan gigi kita menjadi sehat dan kuat.

Membantu Mempertahankan Berat Badan

Makan makanan yang sehat dapat membantu Anda menambah berat badan sehingga Anda dapat mempertahankan gaya hidup sehat. Hanya dengan berfokus pada nutrisi yang tepat, yaitu dengan mengonsumsi sayuran, protein, dan buah-buahan, kita melindungi tubuh dari penyakit dan menjaga berat badan tetap terkendali.

Energi dan Vitalitas Untuk Hidup

Dalam kegiatan kita setiap hari, kita tentu menghadapi banyak masalah yang ada dan dapat membuang banyak energi. Namun seiring bertambahnya usia, energi yang tersedia akan semakin berkurang, dan salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan dibarengi dengan olahraga yang teratur agar kejenuhan energi dapat tercapai.

Memperlambat Penuaan

Inilah yang ditunggu-tunggu banyak orang, memperlambat penuaan dini. Banyak sekali orang yang ingin terlihat awet muda, namun tidak mengatur pola makan dan nutrisinya. Untuk memperlambat penuaan dini sebenarnya sederhana, yaitu dengan mengatur pola makan, serta memperbanyak latihan fisik secara teratur.

Demikianlah penjelasan tentang nutrisi, semoga bisa menambah wawasan anda semua. Terimakasih yang sudah baca artikel ini.

 

×
Order Warungku
Cart
  • No products in the cart.