Apakah Cina mencuri minyak AS dari Suriah? – Radio Independen Asia – Warungku Terkini

Ringkasan

Dalam beberapa bulan terakhir, China telah berulang kali menuduh AS mencuri minyak secara ilegal dari Suriah.

Lab Pemeriksaan Fakta Asia (AFCL) menemukan tuduhan yang digaungkan oleh laporan media resmi Suriah. Pemerintah Suriah di bawah Bashar al-Assad tidak menguasai sebagian besar timur laut negara itu, yang dipegang oleh koalisi anti-pemerintah yang dikenal sebagai Pasukan Demokratik Suriah (SDF). Media Amerika dan internasional melaporkan bahwa sebuah perusahaan Amerika telah mendapatkan kesepakatan minyak di wilayah tersebut, tetapi ini dilakukan dengan izin SDF, yang membantu menggulingkan kelompok teroris ISIS yang sebelumnya menguasai produksi minyak di sana. AS saat ini mengizinkan organisasi non-pemerintah untuk membeli minyak di Suriah, tetapi produknya harus tetap berada di Suriah untuk organisasi nirlaba.

Hitam

“Pasukan asing harus segera berhenti menjarah sumber daya alam secara ilegal di Suriah” Dai Bing, Duta Besar Tiongkok untuk PBB; Dia mengatakan selama pengarahan di Dewan Keamanan PBB di Suriah. Laporan 26 Januari oleh media pemerintah Tiongkok Global Times. Artikel tersebut menyatakan bahwa pasukan AS ditegur karena mencuri minyak dari Suriah.

AS telah berulang kali menuduh China mengambil minyak Suriah dalam beberapa bulan terakhir. Pada konferensi pers Kementerian Luar Negeri China pada 17 Januari, reporter China Central Television (CCTV) mengutip berita negara Suriah bahwa 53 kapal tanker minyak telah diselundupkan dari pangkalan AS “ilegal” di Suriah dari al-Provinsi timur laut. Hasakah ke Irak utara Juru bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin menggambarkan tindakan itu sebagai penjarahan ilegal dan “perampokan”. Dia mengatakan AS memperburuk krisis kemanusiaan di Suriah.

1.jpg tertanam.
Pada konferensi pers pada 17 Januari, juru bicara Wang Wenbin menegaskan bahwa Amerika Serikat telah menjarah minyak secara ilegal dari Suriah. Foto/tangkapan layar situs web Kementerian Luar Negeri Tiongkok.
2.jpg tertanam.
Beberapa juru bicara Departemen Luar Negeri menuduh AS mencuri minyak Suriah dalam konferensi pers selama beberapa bulan terakhir. Foto/tangkapan layar situs web Kementerian Luar Negeri Tiongkok

Dari mana tuduhan pencurian minyak berasal?

Pada konferensi pers pada 17 Januari, seorang reporter CCTV mengungkapkan informasi yang dikutip baru-baru ini. Sebuah laporan 14 Januari oleh Kantor Berita Arab Suriah. Laporan SANA mengutip sumber lokal anonim yang mengatakan bahwa militer AS telah mencuri 53 kapal tanker minyak. Laporan singkat tersebut hanya memberikan beberapa detail dan foto kapal tanker tersebut. Tidak ada penjelasan atau sumber yang menyertai foto tersebut dan tidak disebutkan kesepakatan antara perusahaan AS dan SDF.

3.jpg tertanam.
14 Januari Kantor Berita Arab Suriah melaporkan pencurian minyak AS. Foto/tangkapan layar laporan SANA

Wartawan dari media resmi Tiongkok mengutip laporan SANA serupa tanpa membuat tuduhan umum dalam konferensi pers sebelumnya. Laporan SANA merujuk ke tempat pencurian terjadi dan terkadang tampak menggunakan kembali foto yang sama.

4.jpg tertanam.
SANA pada Desember 2022 Laporan pencurian minyak AS dari November dan September. Foto/tangkapan layar laporan SANA

Apakah AS mendapatkan minyak di Suriah?

Media yang kredibel melaporkan bahwa perusahaan-perusahaan Amerika mengekstraksi minyak di timur laut Suriah.. Tetapi China menegaskan bahwa tidak ada alasan yang cukup bahwa AS mencuri sumber daya di Suriah.

SDF menempati bagian timur laut negara itu, terlepas dari pemerintah Suriah yang dipimpin oleh Bashar al-Assad. Pada tahun 2020, Delta Crescent Energy, sebuah perusahaan minyak Amerika, menandatangani kontrak dengan SDF yang mengizinkan perusahaan tersebut untuk mengekstraksi minyak. Departemen Luar Negeri tidak mengungkapkan rincian tentang kesepakatan itu. Menurut sebuah laporan media Amerika. Politik Sebagian minyak dikatakan disuling untuk penggunaan lokal, sedangkan sisanya diekspor ke Irak dan Turki.

Pemerintah Suriah mengecam keras AS karena mengambil minyak negara itu tanpa izin. dan media pemerintah dari Rusia Iran Dia juga menggambarkan tindakan AS sebagai “mencuri” dan “menjarah” sumber daya Suriah.

Amerika dan internasional Media dan toko Sarjana Kesepakatan minyak yang ditandatangani dengan SDF pada tahun 2020 dicakup oleh Delta. Perjanjian tersebut ditandatangani secara rahasia dan Delta Crescent dibuat oleh mantan politisi dan personel militer, lapor CNN. Di bawah pemerintahan Trump, para pejabat Rusia AS telah menyetujui kesepakatan untuk menjaga rezim Assad Suriah dan Negara Islam dari keuntungan dari produksi minyak di wilayah tersebut, kata laporan.

Sebuah cerita yang baru saja diterbitkan menyelidiki. Delta Crescent menjelaskan bagaimana kontrak tersebut pertama kali diberikan dan kesulitan perusahaan selanjutnya dalam pemerintahan Biden. Dengan lisensi perusahaan berakhir pada tahun 2021. Laporan menunjukkan Gedung Putih berencana menghentikan dukungan untuk industri minyak.Di Suriah.

“Suriah adalah untuk rakyat Suriah. Amerika Serikat memiliki sumber daya ini; Kami tidak mengontrol atau mengelola, kami juga tidak menginginkannya,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS kepada AFCL. Seorang juru bicara mengatakan departemen tidak mengomentari operasi perusahaan swasta.

Seorang juru bicara AFCL mengatakan SDF akan terus ditolak aksesnya ke pendapatan minyak dan gas di timur laut Suriah.

Office of Foreign Assets Control (OFAC) Departemen Keuangan AS, yang pertama kali menyetujui kesepakatan minyak Delta Crescent Suriah, sekarang mengizinkan LSM untuk membeli produk minyak sulingan dari Suriah. Produk harus digunakan di Suriah untuk tujuan nirlaba. Dalam keadaan saat ini, ekstraksi minyak bukanlah kegiatan legal. Kode Peraturan Federal melawan Lisensi Umum Suriah Dirilis oleh OFAC pada tahun 2022.

Asia Fact Check Lab (AFCL) adalah divisi baru warungku yang dibentuk untuk melawan disinformasi di lingkungan media yang kompleks saat ini. Wartawan kami menerbitkan laporan harian dan khusus yang bertujuan untuk mempertajam dan memperdalam pemahaman pembaca kami tentang urusan publik.



Info Olahraga



Kuliner



Kumpulan Resep Masakan



Movie Boxoffice 2022



Seni Budaya



ESPORT



Informasi Terbaru


berita terbaru, berita bola terbaru, berita terbaru terpopuler hari ini, berita terbaru hari ini, berita ppkm terbaru, berita terbaru ac milan, berita ac milan terbaru, berita motogp terbaru, berita persib terbaru, berita terbaru hari ini di seluruh dunia, berita terbaru manchester united, berita terbaru liverpool, berita hari ini terbaru, berita chelsea terbaru, berita artis terbaru, berita terbaru mu, berita terbaru motogp, berita pilpres 2019 terbaru hari ini, berita liverpool terbaru, berita terbaru juventus, berita terbaru arsenal, berita terbaru chelsea, berita terbaru anak ridwan kamil, berita terbaru kri nanggala 402, berita arsenal terbaru, berita mu terbaru, berita terbaru persib, berita terbaru anak gubernur jawa barat, berita ukraina terbaru, berita terbaru kapal selam nanggala, berita sepakbola terbaru, berita pppk terbaru, berita terbaru anak ridwan, berita rusia terbaru, berita selebriti terbaru pagi ini 2021, berita sepak bola terbaru, berita manchester united terbaru, berita terbaru inter milan, berita real madrid terbaru, berita juventus terbaru, berita timnas indonesia terbaru, berita timnas terbaru, berita terbaru rusia vs ukraina, berita anak ridwan kamil terbaru, berita persebaya hari ini terbaru, berita terbaru ridwan kamil, berita timnas indonesia terbaru naturalisasi, berita terbaru rusia ukraina, berita barcelona terbaru, berita terbaru kasus subang

×
Order Warungku

You were not leaving your cart just like that, right?

Enter your details below to save your shopping cart for later. And, who knows, maybe we will even send you a sweet discount code :)