mengulik-kisah-sephia-lagu-dari-sheila-on-7

Mengulik Kisah “Sephia” Lagu dari Sheila On 7

Lagu Sephia dari band Sheila On 7 masih kerap kali kita dengar di pelbagai macam tempat, meski umur nyanyiannya telah lebih dari dua dekade. Terlepas dari betapa adaptifnya band Sheila On 7 dengan generasi yang lebih muda, lagu ini memang cukup mudah didengarkan dan mudah dinyanyikan.

Tetapi, di balik segala kenyamanan yang menonjol di lagu ini, ada satu kisah misterius, cenderung mistis yang menyertainya. Mungkin kita sudah kerap sekali mendengar kisah ini, dan memang kisah ini juga telah diceritakan dan telah dibahas ribuan kali.

Yakni Eross Candra, gitaris sekalian pencipta lagu ini yang kemungkinan mengalami kisah misterius itu, lebih tepatnya yaitu kejadian mistis di balik penciptaan nyanyian “Sephia.” Berdasarkan cerita yang beredar di balik penciptaan lagu ini, Eross mendapatkan sebuah telepon ketika sedang genjreng-genjreng gitar sendirian. Mendengar telepon rumahnya berdering, Eross lantas mengangkatnya, dan di seberang telepon terdengar suara seorang wanita. Suaranya tegas dan terdengar riang. Tidak ada yang mencurigakan.

Wanita tersebut mengaku sebagai Sephia terhadap Eross. Eross sangat terkejut karena merasa tidak punya teman atau kenalan yang bernama Sephia. Eross hasilnya tetap melanjutkan diskusi dengan wanita yang mengaku bernama Sephia itu. Terbukti, wanita tersebut merupakan fans atau penggemar dari Sheila On 7. Ia mendapatkan nomor telepon Eross dari sesama fans, dan dia malah menelpon Eross dari telepon biasa di seberang rumahnya.

Apa Benar “Sephia” Adalah Sosok Mistis?

Karena penasaran, keesokan harinya Eross mencari info seputar wanita hal yang demikian dan akibatnya menerima alamat rumahnya. Bergegaslah Eross menuju rumah si wanita itu. Saat sampai di rumah itu, Eross bahkan bersua orang tuanya, dan Eross menceritakan soal pengalamannya di hubungi oleh Sephia beserta keanehan yang terjadi. Alih-alih mengiyakan, orang tuanya bahkan sedih. Sebab wanita itu sebetulnya telah meninggal tujuh bulan yang lalu akibat kecelakaan saat sedang perjalanan menonton konser Sheila On 7. Karenanya jadilah lagu “Sephia” di ciptakan oleh Eross untuk menghormati wanita itu yang juga fans Sheila On 7 itu.

Kisah mistis ini kian diandalkan dan semakin kuat dikala Eross membikin sebuah artikel di balik gitar Fender Telecaster-nya dengan artikel “I Love My Sephia” dan menunjukkannya ketika lagu “Sephia” selesai dimainkan. Tidak ada yang tahu kebenaran yang sebenar-benarnya dari cerita ini, dan sepertinya Eross ketika itu juga mau nge-troll orang-orang dengan tulisan di balik gitarnya. Lumayan, hitung-hitung promosi gratis lah.

Eross mengatakan bahwa “Sephia” ini sebetulnya yaitu simbol dari selingkuhan. Jadi, sesungguhnya tak ada kisah mistis di balik lagu ini (tidak nyata). Tidak ada pula gagang telepon yang melayang. Namun, seperti lagu “Tinggal Kenangan” dengan kisah nyata Gaby sendiri, kita biarkan saja kisah mistis yang tidak masuk akal itu melekat dengan lagu “Sephia”. Bukannya sebuah lagu bila tersangkut dengan kisah-kisah seperti ini akan terdengar lebih menarik?

×
Order Warungku
Cart
  • No products in the cart.