Pengertian Website Menurut Para Ahli Jenis, Manfaat Dan Unsurnya.

Pengertian website menurut para ahli – Apa yang dimaksud dengan Website? adalah kumpulan informasi atau kumpulan halaman yang diakses melalui Internet. Untuk informasi lebih lengkapnya, kami akan membahas tentang nilai website ini dari sudut pandang beberapa ahli, Yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Pengertian Website

Website adalah kumpulan informasi atau kumpulan halaman yang diakses melalui Internet. yang dapat digunakan siapa saja selama mereka terhubung ke Internet. Dengan kata lain, website adalah sekumpulan halaman yang termasuk dalam domain atau subdomain.

Definisi lain: website adalah kumpulan halaman web yang berbeda yang diatur ke dalam domain dan subdomain, lebih tepatnya terletak di WWW (World Wide Web) di Internet.

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Dibawah ini deretan Pengertian Website Menurut Para Ahli sebagai berikut:

Pengertian Website : Fungsi, Manfaat, Unsur, Jenis & Contohnya

1. Abdullah

Menurut abdullah, website adalah sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa halaman yang berisi informasi berupa data digital berupa gambar, video, audio, teks dan animasi lainnya yang disediakan melalui koneksi internet.

2. Hakim Lukmanul

Menurut Hakim Lukmanul, website merupakan salah satu sumber daya internet yang menghubungkan dokumen baik secara lokal maupun jarak jauh. Dokumen pada sebuah website disebut halaman web, dan tautan pada website memungkinkan pengguna untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain (hypertext), baik antar halaman yang disimpan di server yang sama maupun antar server di seluruh dunia.

3. Jasmadi

Menurut Jasmadi, website adalah kumpulan halaman web dan file pendukungnya, seperti gambar, video, dan file digital lainnya, yang dihosting di host atau server web yang biasanya diakses melalui Internet.

4. Suwanto Raharjo, S.Si, M.Kom

Menurut Suwanto Raharjo, S.Si, M.Kom, website merupakan salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan dibandingkan layanan lain seperti FTP, berita atau bahkan email.

5. Arief

Menurut Arif, website adalah kumpulan halaman web yang telah dipublikasikan di Internet dan memiliki alamat URL (Uniform Resource Locator) yang dapat diakses oleh semua pengguna Internet dengan mengetikkan alamatnya.

6. Bekti

Menurut Bekti, Website adalah beberapa kumpulan halaman yang dipakai untuk menampilkan informasi berupa teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau bahkan penggabungan dari semuanya.

7. Yuhefizar

Menurut Juhefizar, website adalah suatu cara menampilkan informasi di internet dalam bentuk teks, gambar, video dan suara atau secara interaktif. Keunggulannya adalah untuk menghubungkan (link) dari dokumen ke dokumen lain (hypertext), yang dapat diakses melalui browser.

8. Ali Zaki Dan Smitdev Community

Menurut komunitas Ali Zaki dan Smithdev, website adalah kumpulan halaman web yang terdapat dalam satu domain yang terdiri dari 2 atau lebih pada sebuah halaman web.

9. Gregorius

Menurut Gregory, website adalah kumpulan halaman web yang saling terkait dan file yang saling terkait. Sebuah web terdiri dari halaman atau halaman dan satu set halaman yang disebut halaman rumah. Halaman beranda berada di bagian atas dan halaman terkait berada di bawahnya. Biasanya, setiap halaman di bawah halaman rumah disebut halaman anak, yang berisi hyperlink ke halaman lain di Internet.

10. Wikipedia

Menurut Wikipedia, website adalah halaman web yang saling berhubungan, biasanya di-host di satu server, yang berisi kumpulan informasi yang disediakan oleh individu, kelompok, atau organisasi. Server adalah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam jaringan komputer.

Sejarah WWW atau World Wide Web

WWW atau World Wide Web adalah sebuah program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin mencari cara untuk mengatur arsip penelitiannya. Untuk ini, ia mengembangkan sistem untuk penggunaan pribadi. Sistemnya adalah program yang disebut Equire. Dengan bantuan program, Berners-Lee berhasil membuat jaringan koneksi antara arsip yang berbeda, yang menyederhanakan akses ke informasi yang diperlukan. Inilah yang menjadi dasar dari revolusi yang dikenal dengan nama Internet.

WWW pertama kali dikembangkan di European Center for Particle Physics (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989, Berners-Lee mengusulkan proyek hypertext global, dan kemudian, pada bulan Oktober 1990, World Wide Web menjadi operasional di CERN. Pada musim panas 1991, WWW resmi digunakan secara luas di Internet.

Pengertian Website Secara Umum dan Menurut Para Ahli - Berita sedang viral Pengertian Sedang Viral

Jenis Website

1. Website statis

Website statis adalah situs web yang halamannya tidak berubah. Artinya, Anda dapat melakukan perubahan halaman hanya secara manual, yaitu dengan mengedit kode-kode yang menjadi struktur situs.

Contoh website statis:

  • Website perusahaan (company profile)
  • Search Engine (Google, Bing)

2. Website dinamis

adalah situs web yang secara struktural dirancang untuk diperbarui sesering mungkin. Website ini selain banyak diakses oleh pengguna, juga menyediakan halaman internal yang didesain untuk mengedit kode dari website.

Beberapa contoh website dinamis:

  • Blog/ website pribadi
  • Katalog online
  • Situs E-commerce
  • Situs Berita
  • Website Portal

3. Website interaktif

Website interaktif adalah situs web yang dirancang untuk berinteraksi dengan orang lain di Internet. Pengguna website ini biasanya komunitas atau pengguna internet aktif. Pengguna di situs web ini dapat berinteraksi dan berdebat tentang apa yang mereka pikirkan.

Contoh Website :

  • Situs Media sosial
  • Situs forum online
  • warungku.id.com Ini

Manfaat Website

  • Situs web bisa menjadi bentuk hiburan termurah.
  • Website merupakan wahana untuk mempresentasikan perusahaan atau institusi.
  • Sebuah website dapat menjadi media informasi dengan cepat dan mudah.
  • Dapat menjadi sarana pendidikan masyarakat.
  • Dapat menjadi sarana komunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia.
  • Bisa menjadi sarana efektif untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis dengan jangkauan terluas.

Unsur unsur Website

Untuk membuat sebuah website tentunya harus ada elemen pendukungnya. Tanpa elemen pendukung ini, akses ke situs web tidak akan mungkin dilakukan. Di bawah ini adalah elemen dari situs web.

1. Nama Domain

Nama domain adalah alamat yang digunakan untuk menemukan situs web di Internet. Misalnya https://warungku.id/ Nama domain banyak dijual secara online dengan basis sewa tahunan. Beberapa penyedia domain seperti niagahoster, rumahweb, name.com, dll.

Nama domain memiliki ekstensi atau akhiran pengenal sesuai dengan minat dan lokasi situs web. Di bawah ini adalah contoh nama ekstensi lokal:

  • co.id : untuk organisasi niaga yang berbadan hukum.
  • ac.id : Untuk institusi pendidikan
  • go.id : Khusus untuk instansi pemerintah Republik Indonesia.
  • mil.id : Khusus untuk institusi militer Republik Indonesia.
  • or.id : Untuk semua jenis organisasi yang tidak termasuk dalam kategori “ac.id”, “co.id”, “go.id”, “mil.id” dan lain-lain
  • war.net.id: untuk industri warnet di Indonesia
  • sch.id: khusus untuk lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan, seperti SD, SMP, dan/atau SMA.
  • web.id: ditujukan untuk badan hukum, organisasi atau perorangan yang menjalankan aktivitasnya di World Wide Web.
  • Selain ekstensi lokasi untuk Indonesia, ada juga ekstensi internasional seperti com, net, org, info, biz, name, ws.

2. Web Hosting

Web hosting juga dikenal sebagai penyimpanan database seperti teks, gambar, video, dll dari sebuah situs web. Seperti halnya domain, web hosting juga bisa didapatkan dengan cara menyewa dari penyedia layanan web hosting.

Contoh penyedia layanan web hosting:

  • Rumahweb.id
  • Hostinger
  • Niagahoter.

3. Konten Website

Konten situs web merupakan isi situs web. Tanpa konten website tentunya tidak ada yang ditawarkan kepada pengunjung dari website kita. Seperti halnya toko, situs adalah toko yang kita miliki, dan isi situs adalah produk yang akan kita tawarkan kepada pelanggan. Umumnya, konten situs web dibuat atau dibuat oleh pemilik dan pembuat situs web. Misalnya website berupa blog yang berisi artikel atau gambar sesuai dengan topik blog. Namun ada juga website yang kontennya dibuat oleh user atau pengguna, misalnya situs forum seperti ads.id, bersocial.com. dll.

Demikianlah beberapa pengertian website menurut para ahli semoga menambah pengetahuan anda semua, Sekian Terima Kasih.

Baca Juga: Pengertian Seni Fotografi, Sejarah, Jenis-Jenis Dan Fungsi.

 

 

 

×
Order Warungku
Cart
  • No products in the cart.