Permainan Bola Basket: Sejarah, Teknik Dasar Dan Manfaat

Permainan Bola Basket: Sejarah, Teknik Dasar Dan Manfaat

warungkuid – Bagaimana sejarah permainan bola basket, teknik utama dan kelebihannya? Simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini.

Sejarah Bola Basket

Alasan popularitas permainan bola basket adalah sejarahnya yang sangat menarik. James Naismith Kanada-Amerika dikenal sebagai bapak bola basket. Dia menemukan bola basket saat mengajar di Sekolah Pelatihan Internasional YMCA di Springfield, Massachusetts pada awal 1981.

Bola custom-made pertama berwarna coklat, tetapi pada akhir 1950-an Tony Hinckley menemukan bahwa bola oranye akan lebih terlihat oleh pemain, yang sekarang banyak digunakan. Pada awalnya, bola basket dimainkan dengan bola sepak. Ketika musim dingin menjadi terlalu dingin, para pemain tidak dapat bermain sepak bola di luar, tim dipindahkan ke dalam ruangan, dan dengan mudah dibagi menjadi dua bagian; 5 pemain di setiap sisi. Objek permainan ini adalah melempar bola melalui lingkaran dengan diameter 46 cm pada ketinggian 3,04 meter.

Ada banyak keterampilan penanganan bola – menggiring bola, menembak, mengoper, memblokir, dan menangani. Biasanya ada 5 posisi di lapangan: tengah, penyerang kuat, penyerang ringan, bek yang bermain dan menyerang.

Teknik Dasar Bola Basket

1. Passing

Passing adalah teknik mengoper bola ke teman satu tim dalam permainan bola basket. Teknik passing merupakan teknik dasar dalam permainan bola basket. Metode passing adalah dengan menggunakan satu atau kedua tangan untuk mendorong, memantulkan atau melempar bola sesuai perintah. Agar bola berpindah dari satu tempat ke tempat lain agar dapat mengenai bola di ring lawan.

2. Dribbling (Menggiring Bola)

Dribbling adalah teknik menggiring bola atau mengoper bola ke segala arah saat bola memantul dari lantai. Menggiring bola juga merupakan salah satu cara untuk melindungi bola dari piala lawan. Cara menggiring bola yang benar adalah dengan merentangkan jari lebar untuk mengontrol arah bola. Menggunakan ujung jari Anda, Anda dapat menambah atau mengurangi kecepatan bola basket.

3. Lay up

Pertama, ketika seorang pemain menerima bola dan berada di dekat bagian bawah ring, bertujuan untuk memotong ring. Kedua, ketika seorang pemain menggiring bola melewati seorang pemain dan bola itu berada tepat di bawah ring. Anda memasuki ring dengan menyilangkan sisi kanan atau kiri dan melemparkannya dengan satu tangan. Tangan yang Anda gunakan untuk menembak tergantung pada sisi lapangan mana Anda berada.

4. Jump shot

Jump shot selalu membantu Anda mendapatkan poin untuk memenangkan permainan dan digunakan oleh pemain di seluruh dunia. Anda melompat dan selama lompatan Anda melempar bola basket. Tembakan melompat dapat mencetak tiga jenis poin yang berbeda: tembakan set, tembakan dua angka, dan tembakan tiga angka.  Tembakan ini melibatkan lompatan lurus ke atas dan menggunakan bentuk dasar untuk melepaskan bola pada titik tertinggi lompatan lingkaran Anda.

Manfaat Bola Basket

  1. Melatih otot tubuh. Faktanya, olahraga ini mampu menggerakkan semua organ tubuh secara intens.
  2. Menjaga ketahanan tubuh.
  3. Membendung imunitas tubuh. Tidak cuma buah-buahan yang sanggup mengembangkan cara imun tubuh, tetapi olahraga bola basket juga bisa melakukannya.
  4. Membangun keseimbangan dan koordinasi tubuh.
  5. Meningkatkan keterampilan motorik. Tiap pemain seharusnya menggerakkan hampir semua member tubuh, yang adalah inti dalam olahraga ini sehingga cakap meingkatkan saraf motorik.
  6. Menyusun tubuh tepat. Permainan bola basket yaitu aktivitas yang sangat identik dengan olahraga jasmaniah, karena itulah kalori akan terbakar dengan sendirinya.
  7. Tubuh menjadi lebih tinggi. Tak sedikit atlet bola basket memiliki badan yang tinggi.
  8. Menurunkan berat badan. Olahraga bola basket bisa membakar sekitar 700-750 kalori yang ada sehingga lemak yang berlebih akan sirna saat bermain.
  9. Menghindari osteoporosis.
  10. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Bola basket adalah permainan pesat yang melibatkan banyak lari, dribbling, berbalik pesat, passing, melompat, dan melempar bola ke ring.

Demikianlah pembahasan tentang permainan bola basket semoga bermanfaat untuk kalian.

Baca Juga: Sinopsis Film Mendarat Darurat (8 September)

 

×
Order Warungku
Cart
  • No products in the cart.