resep perkedel kentang goreng

Resep Membuat Perkedel Kentang Goreng Praktis

Anda masih memiliki persediaan kentang di rumah? Kalau iya, Anda dapat mengolahnya dengan resep perkedel kentang goreng. Tahu bukan menu makanan ini? Diolah dari kentang yang telah dimasak dan direbus, menciptakan perkedel kentang mempunyai tekstur yang sangat lembut. Perkedel kentang goreng seringkali dihasilkan sebagai hidangan komplementer ketika menyantap makanan. Tak itu saja, perkedel kentang juga biasa dimakan sendiri. Dengan memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya, tidak heran sekiranya perkedel kentang menjadi salah satu makanan yang digemari.

Tekstur lembut yang diberi tahu membuat makanan ini layak dikonsumsi oleh siapa saja. Tergiur untuk membuat makanan ini? Simak dengan bagus metode membuat perkedel kentang goreng di bawah ini, ya!

Bahan-Bahan Membuat Perkedel Kentang Goreng

  • 500 gram kentang
  • 1 kuning telor
  • 1 sdm bawang goreng
  • 1 batang daun seledri, iris halus
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Pelapis

  • 1 putih telor

Baca Juga: Resep Sederhana Nasi Jamblang, Masakan Khas Cirebon Jawa Barat

Bahan Bumbu Halus

  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 1/2 sdt pala
  • 1/2 sdt lada
  • 1/2 sdt garam

Langkah-Langkah Memasak

  1. Siapkan bahan yang akan di gunakan untuk membikin perkedel kentang. Ambil kentang lalu kupas kulitnya. Pastikan semua komponen telah bersih dari kulit, lalu potong-potong kentang. Sisihkan sejenak dan panaskan minyak.
  2. Goreng kentang hingga matang. Lalu, angkat dan tiriskan.
  3. Sambil menunggu kentang tak terlalu panas, buat bumbu halus dengan menghaluskan bawang putih, bawang merah, pala, lada, dan garam dengan memakai ulekan atau blender. Ulek hingga benar-benar halus dan sisihkan.
  4. Apabila kentang sudah tak terlalu panas dan minyak sudah berkurang, kemudian haluskan kentang. Lalu, tambahkan kuning telor, bawang goreng, seledri, serta bumbu halus ke dalamnya. Aduk sampai semua tercampur dengan rata.
  5. Pada wadah yang berbeda, kocok putih telur sampai berbuih. Setelah itu, panaskan minyak dan ambil 1 sdm adonan perkedel. Buat adonan menjadi bola, lalu pipihkan. Kemudian gulingkan adonan ke dalam putih telor kocok.
  6. Jikalau sudah, goreng perkedel sampai matang dan warnanya berubah menjadi kuning keemasan. Lakukan sampai seluruh adonan habis. Kemudian, angkat dan tiriskan. Anda juga dapat menyimpannya di tisu yang mengabsorpsi minyak. Selanjutnya perkedel kentang goreng sudah siap untuk disajikan.
  7. Anda dapat mempersembahkan perkedel kentang sebagai hidangan pendamping untuk makan siang dan makan malam. Selain itu, Anda juga bisa menyantap perkedel kentang sebagai camilan dan menjadikannya makanan alternatif untuk anak Anda.

Mudah sekali bukan resep perkedel kentang goreng di atas? Anda dapat menjadikan cara membikin perkedel kentang ini  sebagai panduan untuk memasak. Tertarik untuk langsung membuatnya di rumah? Selamat mencoba dan selamat memasak!

×
Order Warungku
Cart
  • No products in the cart.